Timur Godok Nama Jenderal Bintang 3 jadi Kapolri

[RAKA Mustafa Ramli/Jawa Pos]
Kapolri Jenderal Timur Pradopo memberikan keterangan pers terkait nama calon pengganti Kapolri. Menurut Timur, para jenderal polisi bintang 3 berpeluang menjadi kapolri.

JAKARTA – Jadwal pengganti Kepala Kepolisian RI yang sedianya pada Januari 2014, dimajukan menjadi Agustus tahun. Siapa saja para perwira tinggi Polri yang menjadi bakal calon penggantinya diusulkan Kapolri Timur Pradopo kepada Presiden SBY untuk selanjutkan disampaikan kepada DPR dan ditetapkan. Karena saat ini Timur masih menggodok sejumlah nama calon penggantinya. Menurut Timur, calon penggantinya jenderal polisi berpangkat bintang 3.

“Mengikuti kelaziman, Kapolri yang akan mengusulkan. Termasuk tentu dari Kompolnas untuk mengajukan usul dan pertimbangannya,” kata Jubir Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Rabu (5/6).

Kriteria untuk bakal calon Kapolri sudah ada penetapannya. Di antaranya adalah perwira tinggi aktif yang belum terlalu mendekati masa pensiun. Rekam jejak perjalanan karier mereka, juga menjadi pertimbangan penting.

”Tapi semua tentu kembali kepada presiden karena presiden yang nanti akan mencalonkan siapa yang nanti dianggap paling tepat menjadi kapolri,” sambung Julian.

Lebih lanjut ditegaskannya, percepatan jadwal sehingga bersamaan dengan penggantian Panglima TNI pada Agustus 2013 bukan karena kinerja Jend. Timur Pradopo buruk selama menjabat sebagai Kapolri. Melainkan lebih didasarkan pertimbangan teknis.

Bila tetap dilaksanakan pada Januari 2014 sesuai dengan tibanya masa pensiun Jend. Timur Pradopo maka terlalu dekat waktunya dengan Pemilu dan Pilpres 2014 yang membutuhkan persiapan pengamanan sejah jauh-jauh hari. Maka diputuskan untuk dimajukan. Sementara Timur Pradopo memastikan calon penggantinya harus jenderal bintang 3.

“Kan sudah jelas semua bahwa pengganti saya harus bintang 3. Kemudian yang tugasnya lebih nggak kurang dari 1 tahun,” ujar Timur di Istana Negara, Jakarta.

Timur enggan menjawab ketika ditanya apakah calon kuat kapolri adalah Kabareskrim Komjen Sutarman. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden SBY.

”Kan nanti beliau (SBY) yang tentukan,” jelasnya.

Timur kembali menegaskan semua jenderal bintang 3 berpeluang menjadi kapolri. Asalkan masa pensiunnya tidak boleh kurang dari satu tahun.

”Semua bintang 3, kemudian kriterianya jangan sampai kurang dari 1 tahun,” imbuhnya.

Terkait percepatan masa pensiun, Timur menerimanya dengan legowo. Dia sepakat dengan Presiden SBY bahwa kapolri baru harus disiapkan untuk pengamanan pemilu 2014.

”Bahwa pengamanan Pemilu 2014 tentunya harus disiapkan dengan baik,” paparnya.

Timur menjelaskan mengenai masa penisun calon kapolri itu tidak boleh kurang dari 1 tahun. “Ya masa kerjanya ketika nanti jadi Kepala Polri ya jangan kurang dari setahunlah. Selama dia bertugas selama ini nggak boleh kurang dari satu tahun,” tutupnya. (dtc/int)

Komentar