Try Out, Tips Lolos Ujian Saringan Masuk STAN

[EKO HENDRIAWAN]
Panitia try out saat sedang mengisi formulir pendaftaran di posko medica kompel Siantar bisnis center, Selasa (21/5).

SIANTAR – Salah satu cara mudah ikut ujian saringan masuk (USM) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) 2013 adalah memalui ujian try out. Meski sudah siap-siap, namun saingan yang bakal dihadapi pasti sangat banyak.

“Berikut tips menghadapi ujian. Pertama, atur jadwal ja ngan lupa buat list tanggal-tanggal penting.

Kedua, caritau tempat pendaftaran try out, kalau di Siantar ada tiga, titik antara lain depan Medica atau di Komplek Siantar Bisnis Canter Jalan P Tandean, Sony Sugema Collage (SSC) Jalan Melanthon Siregar sekitar lokasi SMA Surya Murni dan di Kantin Ganesha Jalan Merdeka Ujung, tak jauh dari Tugu Wahana Tata Nugraha,”  jelas ketua panitia try out Janwaldi Silalahi, Selasa (21/5).

Dia menambahkan, untuk lokasi ujian try out STAN akan dilaksanakan Minggu (26/5) di GOR Siantar mulai pukul 13.00 WIB. Dia menerangkan, mengikuti ujian try out ini sangat berguna untuk mengenali tipe soal saat USM-STAN nanti.

Informasinya, pada USM-STAN, ada tiga bagian soal ujian, yaitu Tes Kemampuan Umum 120 soal, Bahasa Indonesia 30 soal dan Bahasa Inggris 30 soal dengan jumlah soal 180.

“Dengan mengikuti ujian try out, kita bisa kenal tipe-tipe soal yang bakal di ujikan. tes kemampuan umum sebagian besar soal mirip dengan soal tes IQ (Inteligent Quotient).

Sisanya, soal-soal pengetahuan umum yang menguji wawasan, termasuk masalah topik aktual (current issue). Bahasa Indonesia banyak membahas soal EYD. Bahasa Inggris mirip soal UAN. Hanya saja dikombinasi dengan soal structure,” tambahnya lagi.

Sementara, untuk penilaian USM STAN minimum 1/3-nya. Tes Kemampuan Umum (TKU) 40, Bahasa Indonesia 10, Bahasa Inggris 10. Kalau salah satu dari 3 bagian soal itu jumlah jawaban yang benar kurang dari 1/3-nya, akan dikenakan nilai mati, yang berarti otomatis gugur. Di sini fungsi try out yang dibutuhkan para calon STAN.

“Dengan pendaftaran Rp25 ribu, kita bisa mengikuti ujian try out di GOR. Nantinya di sana pa nitia juga menyediakan buku panduan USM STAN 2013,” jelasnya.

Dia menyampaikan, untuk Info lebih lanjut dapat menghubungi ketua panitia Janwaldi Silalahi di nomor contak 0853-6023-2868 dan Sekretaris panitia Patar Sa muel Silaen di nomor kontak 0853-9663-9993. Untuk info online dapat melihat langsung melalui Facebook STAN Siantar. (eko)

Komentar