Walikota Buka Pelatihan Keterampilan Perempuan

[Foto: Parningotan Aritonang]
Walikota Padangsidimpuan membuka pelatihan keterampilan perempuan, Rabu (154/5).

SIDIMPUAN – Walikota Padangsidimpuan (Psp) Andar Amin Harahap resmi membuka pelatihan keterampilan perempuan yang dilaksanakan di Aula MAN 2 Sadabuan, Psp Utara, Rabu (15/5). Dalam sambutannya walikota menyampaikan, acara ini merupakan acara strategis untuk meningkatkan masyarakat Kota Psp sesuai Visi Sehat Maju dan Sejahtera.

Jumlah penduduk Psp menunjukkan perempuan lebih banyak dibanding laki-laki, oleh karena itu melalui acara ini walikota berharap dapat mensinergiskan guna peningkatan taraf hidup warga seluruhnya. “Pemko juga berupaya untuk terus meningkatkan pemberdayaan perempuan melalui sektor lain,” sambut walikota.

Khoiruddin Rambe, mewakili DPRD Psp, menambahkan,  semoga acara ini berguna bagi peningkatan perempuan Kota Psp, khususnya bagi mereka yang hadir dalam acara tersebut. “Dan bukan hanya diam dan duduk. Peserta diharapkan dapat memetik hasil positif yang berguna  dalam acara ini,” ujar Khoir.

Acara yang dilaksanakan oleh BKKBN Kota Psp ini didasari pada rendahnya kualitas perempuan yang  merupakan salah satu penyebab munculnya ketimpangan gender dalam masyarakat.

Kondisi ini merupakan salah satu mata rantai akibat konstruksi sosial dalam masyarakat yang menempatkan perempuan sebagai warga kelas dua, sehingga prioritas untuk mendapatkan pendidikan pun diberikan kepada laki-laki.

Diharapkan dari hasil pemberdayaan perempuan melalui pelatihan keterampilan dapat berjalan secara berkelanjutan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Pelatihan ini merupakan salah satu cara dalam mengoptimalkan peran perempuan dalam meningkatkan taraf ekonomi rumah tangga.

Apabila peran perempuan sudah dapat dioptimalkan, tentunya hal ini dapat membuat ekonomi keluarga meningkat karena perempuan ikut beperan serta di dalam sektor publik.(tan)

Komentar