Walikota Didesak Copot Kadishub

SIDIMPUAN- Aliansi Mahasiswa Masyarakat Menggugat (AM3) mendesak Walikota Padangsidimpuan (Psp)  mencopot Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Psp Sahrijal Siregar. Desakan ini disampaikan AM3 saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Psp, Selasa (22/1) sekira pukul 12.00 WIB.

Massa AM3 ini diterima anggota DPRD Psp di antaranya Khoiruddin Rambe, Sahrun Harahap, Marataman Siregar, Lukman Siregar.  Namun, karena Ketua Komisi III Khoiruddin Nasution berhalangan hadir maka RDP diskors hingga 4 Februari nanti.

“Kita sepakati karena komisi yang membidangi berhalangan hadir, maka RDP ini kita tunda hingga tanggal 4 Februari,” kata beberapa anggota dewan.

Pengurus AM3 M Ridwan Siregar dari MMPPH, Mahran A Rambe dari Barret, Sulaiman Nasution dari FRM dan Ammar Ghozali Lubis dari Gema Pekopa mendesak Walikota Psp Andar Amin Harahap SSTP Msi segera mencopot Kadishub Sahrijal.

Sebab, selain diduga sudah melakukan pungutan liar dan merugikan negara, persoalan dugaan pungli ini juga kata mereka sudah dilaporkan secara resmi ke Polres Psp.

“Makanya kami meminta RPD agar DPRD Psp juga ikut memberi tekanan kepada Polres Psp agar segera memproses pengaduan pungli yang dilakukan diduga oleh Kadishub,” kata mereka.

Adapun alasan mereka mengatakan Kadishub Sahrijal diduga melakukan pungli adalah retribusi daerah merupakan salah satu sumber PAD untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah.

Tetapi, pada praktiknya pemungutan retribusi daerah terkadang tidak sesuai dengan aturan hukum yang telah ditetapkan dan diakui sebagai landasan pelaksanaan kebijakan.

UU nomor 38 tahun 2004 dan PP nomor 66 tahun 2001 serta surat Menteri Perhubungan RI No. KU. 302/172/211 HB-2006 menjadi acuan hukum dalam pemungutan retribusi ruas jalan.

Namun,  Dishub Psp sebagai salah satu pelaksana kebijakan aturan hukum di negeri ini diduga menyepelekan aturan hukum yang telah ditetapkan.

Dengan berpedoman kepada Perda, instansi ini melakukan pungutan retribusi di luar area terminal yang telah ditetapkan.

“Oleh karena itu kami dari AM3 mendesak Walikota Psp Andar Amin Harahap segera mencopot Kadishub karena kami nilai lalai dalam melaksanakan kewajibannya,” ucap mereka. (phn)