Bukit Indah Simarjarunjung Berbenah

Hamparan luas Danau Toba, bak lautan biru terlihat jelas hampir dari seluruh wilayah perbukitan Simarjarunjung, Jumat (24/3).
Hamparan luas Danau Toba, bak lautan biru terlihat jelas hampir dari seluruh wilayah perbukitan Simarjarunjung, Jumat (24/3).

MetroSiantar.com, SIMALUNGUN – Bukit Indah Simarjarunjung (BIS), saat ini terkenal dengan pesona ‘Rumah Pohon’. Dibalik itu, keindahan hamparan luas Danau Toba, bak lautan biru, terlihat terhampar dari seluruh wilayah perbukitan Simarjarunjung.

Tak salah, pemerintah pusat mencanangkan Danau Toba menjadi salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata bertaraf internasional di Indonesia. Dimana bertujuan untuk mendongkrak peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara maupun lokal untuk berkunjung ke danau terbesar di Asia Tenggara ini. Sehingga, secara otomatis akan meningkatkan pendapatan Negara, secara khusus taraf pendapatan masyarakat sekitar pesisir Danau Toba.

Peran dan kesiapan masyarakat, khususnya bagi warga yang berdomisili di seputaran Danau Toba sangat dibutuhkan untuk mendukung tercapainya cita-cita menciptakan Danau Toba bergengsi. Untuk itu, saatnya berbenah.

“Iya, salah satu cara agar banyak tamu berkunjung, yaitu jangan dipersulit. Bila penting gratiskan. Dan lama kelamaan, orang akan semakin tertarik untuk kembali berkunjung,” kata salah seorang warga seputaran Simarjarunjung, Lindung Purba menjelaskan kepada METROSIANTAR, Jumat (24/3).

Lanjut Lindung menyampaikan, awal utama yang perlu dipersiapkan oleh masyarakat adalah menciptakan lokasi atau tempat-tempat nyaman untuk beristirahat.

“Pertama itu yang perlu kita persiapkan seperti rumah-rumah makan, pondok-pondok teduh nyaman untuk peristirahatan dan menyusul lainnya,” tutup Lindung sambil menunjuk lokasi lahan pemandangan miliknya di area BIS yang tengah dalam tahap pematangan lahan. (Oga)