Eko Wisata Aek Nauli Hampir Rampung, Taman Gajah Satu-satunya di Sekitar Danau Toba

Pembangunan perkampungan gajah di kawasan Eko Wisata Aek Nauli sudah hampir rampung.
Pembangunan perkampungan gajah di kawasan Eko Wisata Aek Nauli sudah hampir rampung.

MetroSiantar.com-Pembangunan kawasan wisata berwawasan lingkungan, Eko Wisata Aek Nauli di Jalan Lintas Siantar-Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, yang khusus menjadi ‘perkampungan’ gajah’ sudah hampir rampung.

Salah satu pendukung destinasi wisata Danau Toba ini dibangun di atas lahan 5 hektare lebih dan menelan biaya sekitar Rp5 miliar. Lokasinya berada di seberang Balai Penelitian Aek Nauli. Untuk fisik banggunan sudah rampung, tinggal menunggu penyelesaian pemasangan paving block, pemasangan instalasi listrik serta selokan. Nantinya sekitar 4 ekor gajah dewasa akan berada di Aek Nauli, yang akan dipandu oleh pawang gajah.

Pembangunan yang telah berlangsung sejak awal April lalu, telah menyelesaikan berbagai bangunan seperti 2 unit kamar mandi umum, gapura, 1 unit kantor untuk pengelola, pagar pengaman, pemandian gajah, taman atraksi gajah dan tempat duduk untuk pengunjung. Empat buah joglo atau selter dan 3 unit rumah, serta jalan aspal sepanjang 200 meter juga telah selesai dibangun.

Pelaksana proyek pembangunan Parsito kepada METRO SIANTAR mengatakan, pembangunan fisik Eko Wisata Aek Nauli ini sudah mencapai 80 persen , tinggal finishing untuk pemasangan paving block dan parit jalan.

“Kita optimis akan menyelesaikan pembangunan ini tepat waktu. Sesuai jadwal yang ditetapkan, pembangunan seluruhnya sudah harus rampung pada tanggal 20 Desember”, ujar Parsito.

Untuk gajahnya sendiri, Parsito juga menginformasikan akan datang sesuai jadwal pada hari Sabtu, (18/11) yang akan datang.

“Sabtu ini gajahnya datang, gajah ini didatangkan dari Kota Pinang” terang Parsito.

Sedangkan salah seorang staf Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) P Simbolon turut membenarkan informasi tentang kedatangan gajah tersebut.

“Hari Sabtu gajahnya datang, semua pihak terkait pasti turun ke mari,” ujar Simbolon. (ana/esa)