Pedagang Kecil dan Penggiat Usaha, Menentukan Kebijakan Pemerintah

Gedung Bank Indonesia Pematangsiantar

MetroSiantar.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kota Pematangsiantar menggelar temu responden kepada sejumlah penggiat usaha di kota ini. Termasuk kepada para pedagang kecil yang ada di pasar tradisional. Acara ini dilaksanakan juga sebagai bentuk apresiasi kepada para penggiat usaha, Minggu (11/3) di gedung KPw BI Pematangsiantar Lantai VI.

Kepala KPw Pematangsiantar Elly Tjan mengatakan survei dilakukan secara berkala, setiap hari dan setiap minggu guna mendapatkan informasi dari pedagang dan penggiat usaha guna menentukan kebijakan. BI melalui tim yang sudah ditugaskan mendatangi responden satu per satu.

“Kebijakan yang diambil harus bisa mereperentasikan kondisi usaha. Untuk itu BI tidak bisa bekerja sendiri. Kita butuh data-data yang disampaikan pihak dunia usaha sehingga itulah alasan BI Perwakilan Kota Pematangsiantar melakukan survei kondisi usaha, survei pemantauan harga dan survei harga pangan strategis” jelasnya dihadapat ratusan responden.

Atas respon para penggiat usaha itu, Elly Tjan tidak lupa menyampaikan apresiasi karena data akurat dari responden memberikan dampak terhadap tugas-tugas BI guna menjaga nilai tukar dan inflasi di tengah perputaran perekonomian masyarakat.

“Kami menyampaikan banyak terimakasih yang setinggi tingginya yang kami repotkan setiap tahun” katanya sembari menerangkan bahwa acara tersebut dilakukan pada hari libur karena penyesuaian kepada penggiat usaha.

Pada acara ini, pihak BI memberikan award kepada beberapa pedagang dan pengusaha yang dinilai sebagai responden terbaik karena memberikan informasi yang baik dan tepat. (pam/esa)