Ingin Lolos Test CPNS, Ini Tipsnya

Ilustrasi

MetroSiantar.com – Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih menjadi impian sebagian masyarakat Indonesia. Adanya jaminan tunjangan yang pasti menjadi daya tarik tersendiri sehingga masyarakat banyak yang berminat untuk mencobanya dengan serius.

Mengutip situs resmi cermati.com, ada beberapa tips untuk mempersiapkan diri agar lulus pada tes CPNS 2018. Selain terus mengikuti info terkini mengenai lowongan CPNS, ada 6 hal ini yang wajib untuk diikuti.

1. Persiapkan dari Jauh Hari
Bagi yang sudah berniat penuh menjadi PNS, pastinya tak perlu lagi mengulur waktu lama untuk melakukan persiapan segala sesuatnya mulai dari yang kecil hingga besar. Hal ini tentu yang akan mendukung Anda lolos atau tidaknya saat penyeleksian CPNS.

Jika sudah mendengar informasi kalau pemerintah akan membuka penerimaan CPNS, tak ada salahnya mulai sejak itu langsung persiapnkan diri dengan matang. Bila ingin lulus CPNS, maka hal ini janganlah dianggap remeh karena Anda akan bertemu dengan banyaknya pesaing lainnya.

2. Lengkapi Dokumen
Jangan sampai saat waktu pendaftaran online tiba, malah ada dokumen yang kurang. Kondisi yang seperti tentunya akan membuat pendaftaran CPNS terhambat dan bisa saja langsung gagal ditahap penyeleksian dokumen administrasi.
Agar hal itu tidak terjadi pada Anda, maka perhatikan dokumen-dokumen penting seperti fotokop yang dibutuhkan saat pendaftaran CPNS. Bila sudah tau apa saja dokumennya, segeralah susun dengan rapih dan kumpulkan dalam sebuah map, agar tidak berantakan dan mudah di temukan bila dibutuhkan.

3. Teliti saat Isi Formulir
Setelah formulir pendaftaran online sudah terisi, maka pihak pelamar CPNS bisa langsung print out hasil perdaftarannya. Tapi janganlah terburu-buru untuk melakukan print out tersebut.

Biasakanlah sebelum print hasilnya, jangan lupa pastikan kembali kalau formulir sudah terisi dengan lengkap dan data yang digunakan benar adanya tanpa adanya kesalahan sedikitpun. Hal ini perlu dilakukan karena pendaftaran online ini hanya bisa dilakukan sekali.

4. Belajar Soal-soal Tes CPNS
Tak hanya mempersiapkan dokumen penting saja saat penyeleksian administrasi CPNS 2018, tapi setiap pelamar juga harus persiapkan diri saat mengikuti tes, dimana Anda akan menjawab beberapa pertanyaan pengetahuan.

Agar dalam saat menjawabnya bisa lancar tanpa adanya hambatan, maka belajar soal-soal CPNS sangat perlu dilakukan.

Soal-soal tersebut berisi materi tes wawasan kebangsaan (TWK), di antaranya meliputi UU45, Pancasila dan sejarah Republik Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian para peserta pelamar CPNS terhadap sejarah Indonesia tercinta.

Anda bisa belajar soal-soal CPNS yang terdahulu dari buku yang sekarang ini sudah tersedia di toko buku terdekat atau melalui internet.

5. Ikut Bimbel
Selain belajar mandiri, pelamar CPNS juga bisa mengikuti kegiatan bimbingan belajar atau biasa disebut bimbel. Biasanya, menjelang pembukaan CPNS, banyak yang menyediakan jasa bimbel kepada calon pelamar CPNS.

Bimbel yang dilukakan ini bisa menjadi tolak ukur peserta untuk tahu seberapa besar kemampuan diri sendiri, kemudian baru bisa dilanjutkan untuk melihat formasi atau lowonan CPNS yang dibuka, berapa jumlah. Dari situlah peserta bisa melihat peluang yang ada.

6. Jaga Kesehatan
Dokumen sudah lengkap, belajar untuk tes juga sudah, lalu apa lagi yang harus disiapkan ya? Semua yang dipersiapkan itu akan sia-sia bila kesehatan diri sendiri tidak diperhatikan dengan baik. Tentunya, Anda tidak mau sakit disaat sedang mengikuti tes CPNS, bukan?

Tak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat, demi kelancaran saat mengikuti penyeleksian CPNS 2018. Sebaiknya mulailah, pilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi serta imbangi dengan olahraga ringan. Dengan begitu, tubuh akan tetap terjaga dengan baik.

7. Berdoa dan Optimis lulus CPNS 2018
Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan matang, selanjutnya yang dilakukan adalah hanya tinggal menjalankan proses penyeleksian dari tahap awal hingga ke tahap berikutnya. Jangan mudah menyerah, apalagi putus asa sebelum mencobanya, itu merupakan hal yang sangat tidak baik untuk masa depan sendiri. Yakinlah bahwa apa yang dicita-citakan tercapai, termasuk lulus CPNS. Jangan lupa juga tingkatkan doa agar semua proses bisa berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang baik juga. (mys/JPC)