Mimbar Serasehan Pengurus KTNA Kabupaten Simalungun

Ketua KTNA Kabupaten Simalungun Ir Moses Irianto Pasaribu mengibarkan pataka KTNA, usai dilantik bersama para pengurus, Rabu (9/5).

Petani dan Nelayan harus Jadi Andalan

MetroSiantar.com – Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Simalungun melaksanakan mimbar serasehan dengan mendatangkan berbagai narasumber yang berhubungan langsung dengan petani dan nelayan.

Mimbar Serasehan yang dihadiri seluruh pengurus di 32 kecamatan yang ada di Simalungun ini mendapatkan narasumber langsung yakni Ketua KTNA Provinsi Sumatera Utara Hj Taty Habib Nasution, Kepala Dinas Pertanian, Dinas Perindagkop, Dinas Ketahanan Pangan, Kantor Perwakilan BI, BRI, PT Asuransi Jasa Indonesia, dan PT Sei Balai Green Energy Kabupaten Batubara.

Sebelum dilaksanakan mimbar serasehan, Ketua KTNA Sumut Hj Taty Habib Nasution melantik pengurus KTNA Kabupaten Simalungun.

Dalam sambutannya, Taty berharap seluruh pengurus KTNA mampu mengangkat kesejahteraan petani dan nelayan yang ada di Simalungun. Perlu dilakukan pendataan potensi daerah untuk menumbuhkan produk andalan yang diharapkan dapat menjadi andalan petani dan nelayan untuk mensejahterakan diri.

“Simalungun banyak potensi di bidang holtikultura, UMKM, perikanan dan bahkan kehutanan. Itu harus dikembangkan KTNA. Lakukan serasehan dengan cara berganti daerah, untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman,”kata Hj Taty.

Hj Taty juga mengingatkan KTNA untuk melindungi produk petani dengan cara memperkenalkannya secara langsung kepada konsumen, terutama di luar daerah. Menghindari produk petani dan nelayan Simalungun, diklaim produk dari daerah lain.

Sementara Ketua KTNA Kabupaten Simalungun Ir Moses Irianto Pasaribu, setelah melantik pengurus KTNA tingkat kecamatan, berpesan agar pengurus tetap berbesar hati, berkontribusi untuk petani, masyarakat dan keluarga.

“Siap-siap menjadi sasaran keluhan masyarakat menyangkut petani dan nelayan. Kita terus berusaha berinovasi dengan tetap bersyukur,”kata Moses.

Dalam kesempatan itu Moses menyampaikan harapannya kepada Pemkab Simalungun dan DPRD Simalungun untuk mendukung petani melalui kebijakan yang berpihak kepada petani. Peningkatan sumber daya manusia secara rutin kepada petani perlu dilakukan melalui pelatihan-pelatihan dan studi banding ke daerah pertanian yang sudah lebih mapan.

Ketua Komisi II DPRD Simalungun Betty Rodearni Sinaga SE dihadapan para pengurus KTNA mengatakan, petani dalam organisasi KTNA harus aktif, saling bekerjasama untuk mencari solusi.

“Kita setuju ada pelatihan untuk petani, tentunya pihak Dinas Pertanian yang mengajukan usulan. Namun, jika tidak seluruhnya yang bisa ditampung, maka diharapkan bersabar,”kata Betty.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun Ir Janposman menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus KTNA Simalungun dan kecamatan yang baru dilantik. Pihaknya berharap, KTNA sebagai mitra Dinas Pertanian, dapat tetap bersinergi dalam upaya memajukan petani.

“Kita harus bekerjasama agar hasilnya maksimal. Kami memiliki petugas penyuluh di lapangan, yang diharapkan menjadi mitra langsung para KTNA di kecamatan dan nagori,”katanya.

Diakui Janposman, kebijakan pemerintah belum mampu membantu petani secara adil dan merata karena keterbatasan dana. Maka keterbatasan itu diharapkan dapat ditutupi dengan solusi yang dicari dan dikerjakan bersama antara petani dan pemerintah.

Ada pun kepengurusan lengkap KTNA Kabupaten Simalungun yakni: Ketua Moses Irianto Pasaribu, Wakil ketua Abdul Karim Sitio, Jakorasmen Purba, Ngatio dan Tunggul Tampubolo. Sekretaris Sentosa Batubara, wakil sekretaris Julfikar Damanik dan Jontarwan Butarbutar. Bendahara Parlindungan Manalu, wakil Bendahara Legiman dan Julianto Dolok Saribu.

Pengurus KTNA dilengkapi Bidang-bidang yakni; Ketua Bidang Organisasi Hendri Siahaan SE, Ketua Bidang Kemitraan Wala Tindaon, Ketua Bidang SDM Ir Martua Siadari MSi, Ketua Bidang Wanita Tani Horasma Sidabutar, Ketua Bidang Taruna Tani Doni Kesuma, Ketua Bidang Infokom Sudarwis, Ketua Bidang Hukum Grace Agustine Dolok Saribu SH MH, Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran Zainal Abidin, Ketua Bidang Agribisnis Bukti Maruba Manalu, Ketua Bidang Pengawasan Saprodi Jarisman Sinaga.

Dalam acara pelantikan ini hadir juga sejumlah pengurus KTNA Provinsi Sumatera Utara, diantaranya Wakil Sekretaris Frans Siahaan, yang juga ketua DPW Asosiasi Penyuluh Swadaya Indonesia. (esa)