Kolombia vs Inggris: Ujian Nyata untuk The Three Lions

Bagikan:
Kolombia vs Inggris

MetroSiantar.com – Puasa gelar sejak menjuarai Piala Dunia 1966 di kandang sendiri membuat Inggris akan begitu bernafsu untuk berprestasi di edisi Rusia 2018 kali ini. Namun di babak 16 besar Kolombia yang punya status kuda hitam sudah menanti.

Mampukah The Three Lions melewati hadangan Los Cafeteros di Spartak Stadium, Rabu (4/7) dini hari WIB? Simak prediksi Inggris vs Kolombia berikut ini.

Tidak banyak tim yang bisa bangkit dari kekalahan di laga pembuka dalam turnamen sebesar Piala Dunia, namun Kolombia menunjukkan hal tersebut bukan sebuah kemustahilan. Tercatat di Piala Dunia 2018 kali ini hanya Kolombia yang mampu lolos ke babak 16 besar setelah mengalami kekalahan di matchday pertama fase grup. Sang juara bertahan Jerman saja gagal melakukannya.

Sebelumnya, pasukan arahan Jose Pekerman ini ditaklukkan Jepanng dengan skor tipis 2-1. Namun saat bertemu Polandia, Kolombia bisa memupuk motivasi dengan menang besar 3-0. Di matchday penentuan, Senegal digebuk 1-0 dan status sebagai juara Grup H pun disandang Radamel Falcao cs.

Kolombia untuk pertama kalinya lolos ke babak knock-out Piala Dunia di dua edisi beruntun, setelah pada Brasil 2014 lalu melaju sampai ke delapan besar. Tentunya ini adalah sebuah prestasi tersendiri bagi wakil zona CONMEBOL yang satu ini.

Sementara itu Inggris punya jalan yang lebih lempeng di fase grup. Tergabung di Grup G bersama Tunisia, Belgia, dan Panama, The Three Lions sukses mengumpukan enam poin dari dua partai pembuka. Hanya saat melawan Belgia di matchday pamungkas saja mereka harus kecolongan dan kalah 1-0.

Namun lolos ke babak gugur sebagai runner-up bukanlah hal yang buruk bagi Inggris mengingat skuat yang dinahkodai Gareth Southgate ini masih begitu belia. Selain punya rataan usia terendah kedua di Rusia bersama Perancis yakni 26 tahun, tim yang satu ini juga minim pengalaman. Hanya Gary Cahill seorang yang sudah mengoleksi lebih dari 50 caps dari 23 nama yang dipanggil.

Akan tetapi faktor tersebut tidak akan membuat semangat juang dan ekspektasi Inggris menurun. Jika mereka mampu mempertahankan laju positif di Otkrytie Arena nanti maka slogan ‘football is coming home’ bisa saja menjadi kenyataan 15 Juli mendatang.

Yerry Mina
Keberhasilan Kolombia untuk bangkit di babak grup mungkin adalah berkat keberadaan Mina. Setelah dicadangkan melawan Jepang, bek berusia 23 tahun ini langsung jadi pemain kunci di dua laga sisa. Masing-masing satu gol ia lesakkan ke gawang Polandia dan Senegal dan kini memegang status top scorrer Los Cafeteros di Rusia.

Piala Dunia 2018 adalah turnamen kedua Mina setelah Copa America Centenario lalu namun bukan berarti pemilik 14 caps ini akan merasa canggung menghadapi Inggris. Terutama setelah kemampuannya sudah dikaui oleh Barcelona yang mengkontraknya sejak Januari 2018 lalu.

Jesse Lingard
Banyak yang mempertanyakan keputusan Inggris kala mengikutkan Lingard ke dalam skuat yang berangkat ke Rusia. Namun lebih banyak lagi yang kaget saat nama gelandang Manchester United ini masuk dalam starting XI rutin The Three Lions karena ia dianggap punya skill yang biasa-biasa saja.

Lingard yang diserahi jersey nomor 7 pun membuktika jika ia memang pantas. Performa ciamiknya di musim 2017/2018 lalu dengan 13 gol dan delapan assist, berlanjut dengan satu gol atas Panama. Pergerakan cair pemain 25 tahun ini di lini serang bersama Harry Kane dan Raheem Sterling terbukti sangat padu.

Prediksi Skor
Jelang duel akbar ini Inggris didukung statistik oke saat jumpa Kolombia. Dari lima pertemuan sebelumnya di berbagai kesempatan, mereka mampu meraih tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Sayangnya dominasi ini boleh dianggap tidak lagi relevan karena terakhir kalinya mereka berjumpa adalah kala beruji coba pada 31 Mei 2005 silam.

Namun Inggris tetap akan diuntungkan dengan badai cedera yang sedang menerpa Kolombia. Los Cafeteros terancam kehilangan deputi kapten, playmaker, sekaligus bintang utama mereka yakni James Rodriguez.

Penggawa asal Bayern Munchen tersebut ditenggarai masih dalam kondisi cedera setelah gagal memainkan 90 menit kala Kolombia jumpa Senegal. Luis Muriel kemungkinan akan jadi penggantinya.

Untuk hasil dari pertandingan ini kami yakin tidak akan berakhir dengan skor kacamata karena di Rusia sejauh ini baru ada satu hasil 0-0. Kolombia pun tidak pernah seri tanpa mencetak gol sebelumnya di putaran final Piala Dunia walau sudah menjalani 21 laga.

Laga Inggris pun juga menggaransikan gol karena jika sudah memasuki babak gugur hanya sekali mereka berimbang 0-0 yakni pada 2006 silam. Padahal Tiga Singa sudah 18 kali melaju sampai ke fase ini.

Sepakbola.com memprediksikan laga berjalan alot dengan kedua tim rajin bertukar ancaman. Skor 1-1 akan jadi tebakan kami untuk 90 menit pertama. (spc/int)

Prediksi Susunan Pemain

Kolombia XI (4-2-3-1): Ospina, Arias, Mina, Davinson Sanchez, Mojica, Carlos Sanchez, Uribe, Cuadrado, Quintero, Muriel, Falcao

Inggris XI (3-4-2-1): Pickford, Walker, Stones, Maguire, Trippier, Henderson, Loftus-Cheek, Lingard, Young, Sterling, Kane

Bagikan: