Liburan Lebaran Hotel Full Booking di Parapat

Ramsiana Gultom
General Manager Siantar Hotel Janter Sidabutar.

MetroSiantar.com – Liburan Lebaran yang sudah berlangsung sejak tanggal 9 Juni yang lalu menjadikan kawasan Danau Toba, khususnya Parapat menjadi salah satu daerah wisata yang ramai dikunjungi. Terbukti dengan penuhnya kamar-kamar hotel yang tersedia di Parapat.

Manager Marketing Inna Parapat Hotel Syahrial Azhar, Selasa (12/6) menjelaskan, dari 102 kamar yang tersedia di Inna Hotel Parapat, semuanya sudah laku terjual untuk tanggal 13 Juni hingga tanggal 19 Juni. Meski harga kamar cukup mahal, namun tidak mengurangi minat pengunjung untuk menhabiskan masa liburannya di Parapat.

“Untuk hari ini saja sudah 80 persen kamar terjual dan tanggal 20 juni yang akan datang juga sudah laku 80 persen, itu tandanya minat wisatawan ke Parapat masih tinggi,” terang Syahrial.

Dijelaskan, dari 102 kamar di Inna hotel dibagi atas 6 kelas yakni kelas Superior 47 kamar, deluxe 27 kamar, family 12 kamar, junior suit 8 kamar, tratai suit 3 kamar dab IP Suit 2 kamar. Buka harga mulai yang terendah Rp1,150 juta per malam hingga Rp9,3 juta dengan layanan sarapan pagi dan makan malam gratis.

“Khusus untuk type kamar IP Suit kita berikan gratis sarapan, makan siang dan makan malam,” papar Syahrial.

Sementara General Manager Siantar Hotel Janter Sidabutar ketika ditemui, Senin (11/6), mengakui peningkatan pengunjung meningkat tinggi di musim liburan ini.

Peningkatan pengunjung mulai terasa sejak liburan hari pertama Sabtu (9/6), hingga kini sudah 80 persen kamar yang telah terjual, sedangkan 20% lagi memang disengaja pihak managemen tidak didjual online guna menghargai para pengunjung yang datang langsung ke Siantar Hotel.

“Kita menghargai pengunjung yang akan datag secara langsung ke hotel kita, kita tidak ingin mereka kecewa. Makanya tidak semua kamar kita jual secara online,” ujar Janter.

Untuk harga, pihaknya memberlakukan peningkatan cukup signifikan di high season ini, Dari 40 unit kamar untuk 16 unit kamar kelas Deluxe harganya Rp1,2 juta per malam, 4 unit kamar Superior Rp1 juta per malam, 20 unit kamar standard Rp800 ribu per malam.

“Harga akan kembali normal jika musim liburan sudah selesai, ini selalu kita berlakukan untuk meningkatkan pendapatan guna menutupi pengeluaran di low season,” terang Janter.

Demikian halnya dengan Manager Parapat View Hotel Budi, Untuk tanggal 15 hingga 17 Juni Budi mengaku seluruh kamar sudah full booking dan tanggal 18 sampai tanggal 20 sudah 80 persen. “ketersedian kamar hanya tanggal 18 dan 19 Juni, itupun hanya 20 persen lagi,” terang Budi.

Pantauan Wartawan Koran ini d ilapangan. Hampir seluruh kamar hotel sudah laku terjual, namun jika ingin berwisata ke Parapat, pengunjung tidak usah kuatir sebab ada banyak penginapan dan home stay yang tersedia di sekitaran Parapat. (ana/esa)