Dua Pasangan Capres dan Cawapres Mendaftar

Jokowi - Ma’rup Amin dan Prabowo - Sandiaga Uno

MetroSiantar.com – Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden untuk Pilpres 2019, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (10/10) pagi. Siang harinya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga mendaftarkan diri sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden.

Dengan mendaftarnya dua pasangan ini, dipastikan pemilihan calon presiden dan wakil presiden tahun 2019 hanya akan diikuti oleh dua pasang calon.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, yang berstatus petahana ini, mendaftar didampingi pimpinan partai politik pengusung dan sejumlah massa simpatisan.

Mereka bergerak ke Gedung KPU setelah sebelumnya mendeklarasikan pencalonan di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta.

Usai mendaftar, Joko Widodo mengajak seluruh rakyat Indonesia merayakan pesta demokrasi penuh dengan kegembiraan.

“Setiap orang bisa menunjukkan demokrasi penuh gembira, riang gembira. Demokrasi bukan perang, demokrasi bukan permusahan, tapi ajang adu gagasan, adu ide, adu rekam jejak, dan adu prestasi,” ujar Jokowi di Gedung KPU.

Jokowi juga tak lupa mengingatkan, jangan sampai karena perbedaan politik, rakyat menjadi terbelah dan saling bermusuhan.

“Ingat, aset terbesar bangsa ini adalah persatuan dan kesatuan. Ini sangat berharga, karena itu harus dijaga dan rawat bersama,” ucapnya.

Mantan Wali Kota Surakarta ini secara khusus menyampaikan selamat pada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang telah mengumumkan maju sebagai pasangan bakal calon presiden di Pilpres 2019.

“Kami sampaikan selamat kepada beliau (Prabowo-Sandi) dan seluruh parpol pendukung. Mereka merupakan putra-putra terbaik bangsa. Beliau berdua tentu sama dengan kami, ingin berjuang untuk kemajuan bagsa yang kita cintai,” pungkas Jokowi.

Jokowi Siap Adu Gagasan & Prestasi

Partai-partai pengusung duet Joko Widodo-Ma’ruf Amin telah resmi mendaftarkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden itu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (10/8). KPU yang menerima pendaftaran itu menyatakan persyaratan duet yang dikenal dengan sebutan Jokowi-Ma’ruf itu telah lengkap.

“Syarat pencalonan kami nyatakan lengkap, selanjutnya pemeriksaaan kesehatan dilaksanakan pada 12 Agustus 2018, hari Minggu di RSPAD,” ujar salah satu petugas KPU di ruang pendaftaran melalui pengeras suara.

Sedangkan Jokowi usai didaftarkan di KPU mengatakan, langkahnya untuk kembali menjabat dua periode masih panjang. Sebab, masih banyak proses yang harus ditempuh hingga agenda puncak.

“Ini baru langkah pertama, setelah ini masih ada tahapan lagi. Insyaallah prosesnya baik dan lancar,” kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengajak seluruh masyarakat agar menjadikan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sebagai pesta demokrasi yang sesungguhnya. Artinya, setiap warga negara merasakan kebahagiaan dalam event politik lima tahunan itu.

“Demokrasi bukan perang, tapi ajang mengadu gagasan, ajang mengadu prestasi. Jangan sampai karena perbedaan pilihan politik, kita jadi bermusuhan tidak menyapa dengan tetangga,” tegasnya. (sat/JPC)