Musda MUI Siantar Pemantapan Revitalisasi Dakwah

Panitia Musda IV dan pengurus MUI Kota Pematangsiantar.

MetroSiantar.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar segera menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IV, yakni pada Rabu, 11 Februari 2018 di kantor MUI Jalan Kartini, Kecamatan Siantar Barat. Musda untuk merencanakan dan melaksanakan program organisasi empat tahun ke depan, sekaligus melakukan pemilihan ketua.

Ketua DP MUI Pematangsiantar Drs H M Ali Lubis didampingi Sekretaris Umum Drs H Amril Zein di kantornya mengatakan, target Musda nanti adalah pemantapan revitalisasi dakwah agar semakin berkembang dan sampai menyentuh ke pinggiran kota. Tema Musda kali ini adalah, revitalisasi peran ulama dalam menguatkan integritas umat di Kota Pematangsiantar.

“Harapan kita, MUI masa mendatang punya komitmen kuat terhadap dakwah, supaya misi negatif pihak-pihak luar bisa segera diantisipasi,” kata Ali Lubis.

Zainal Siahaan SE MM sebagai Ketua Steering Committee (SC) didampingi Arif Siregar BA sebagai Sekretaris SC dan Pardomuan Nasution SS MSP sebagai anggota mengatakan, masa khidmat kepengurusan MUI 2017-2022 telah berakhir 2017.

“Penyusunan program kerja yang akan dilakukan pengurus terpilih, termasuk perluasan dakwah melalui media kontemporer, penyusunan rekomendasi internal dan eksternal sebagai acuan pihak-pihak terkait sebagai masukan,” kata Zainal Siahaan.

Selanjutnya, menerbitkan Fatwa sebagai pedoman ummat menjalankan kehidupan dan itu dikatakan yang menjadi pembeda antara Musda MUI dengan Musda organisasi lain.

Jumlah peserta Musda sebanyak 118 orang. Terdiri dari unsur pimpinan MUI Sumut, 3 orang. Anggota Dewan Penasehat MUI Kota Pematangsiantar, 7 orang, Anggota Dewan Pimpinan DP MUI Kota Pematangsiantar, 22 orang. Pimpinan dan Anggota Komisi/Lembaga MUI Kota Pematangsiantar, 26 orang. Selanjutnya, MUI Kecamatan, 24 orang. Utusan Ormas Islam, 30 orang. Utusan Pesantren, 3 orang dan utusan Perguruan Tinggi Islam, 3 orang.

Kemudian, H Syirwan Hazzly Nasution SHI sebagai Ketua Organizing Committee didampingi Abdul Rasyid SPd MSi sebagai sekretaris mengatakan, seluruh persiapan sudah dipersiapkan sepenuhnya menyongsong beberapa hari ke depan.

Antara lain, penggandaan materi sidang-sidang dan persiapan teknis acara seperti lokasi parkir. Petugas untuk pelaksanaan kegiatan juga sudah disiapkan demi suksesnya Musda.

Selanjutnya, Drs H M Ali Lubis menyampaikan, tanggal 6 Februari 2018 DP-MUI Kota Siantar telah menerima 8 orang tim Pengabdian Masyarakat dari PendidikanTinggi Kader Ulama (PTKU) binaan MUI Provinsi Sumatera Utara untuk ditempatkan sebagai pendakwah di 7 Masjid yang di Kota Siantar sampai tanggal 9 Februari 2018. (rel/esa)