KPU Uji Publik Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

MetroSiantar.com – KPU Pematangsiantar melaksanakan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi pada pemilihan umum legislatif tahun 2019, kegiatan yang digelar di Hotel Sapadia Jalan Diponegoro ini di hadiri Wakil Walikota, Togar Sitorus, SE, MM, Senin (12/2).

Dalam sambutannya Togar Sitorus mengharapkan, diskusi publik dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam penataan dapil dan alokasi kursi, penyusunan dapil dapat sesuai dengan prinsip prinsip penyusunannya.

Hadir dalam kegiatan ini ketua KPU Mangasitua Purba SH, Kapolres diwakili Kabag Ops Firman, mewakil Ketua Pengadilan Negeri Simon Sitorus, mewakili Kajari Heri Santoso, tokoh masyarakat, parpol, tokoh pemuda, tokoh agama, serta kalangan media massa dan undangan lainya.

Komisioner KPU Batara Manurung menjelaskan, sesuai dengan PKPU No 16 tahun 2017 tentang penataan dapil anggota DPRD kabupaten kota ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu prinsip-prinsip penataan dapil, data kependudukan dan jumlah kursi, penyusunan daerah pemilihan, tugas dan wewenang penyelenggara, penataan dan alokasi kursi akibat bencana dan pemekaran.

Selanjutnya Batara menjelaskan, ada 7 prinsip penataan dapil dan alokasi kursi antara lain yaitu, 1. prinsip kesetaraan nilai suara, 2. prinsip ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, 3. prinsip proporsionalitas, 4. prinsip integritas wilayah, 5. prinsip berada dalam satu wilayah yang sama, 6. prinsip kohesivitas, serta prinsip kesinambungan.

Uji publik dengan mengumpulkan stakeholder dan selanjutnya diharapkan ada masukan dari stakeholders dalam rentang waktu Uji Publik ini, dan akan dilakukan Rapat Pleno untuk mengusulkan penetapan penataan dapil dan alokasi kursi, untuk diserahkan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Sumatera Utara. (pam/esa)