Dua Pengedar Ganja Melawan Polisi

Para tersangka narkoba

MetroSiantar.com – Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkona) Polres Pematangsiantar, Senin (12/2) Malam, berhasil menggulung 2 orang pengedar narkotika jenis ganja di tempat berbeda. Keduanya masing-masing ditangkap di Jalan Singosari, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Utara dan Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Bane Kecamatan Siantar Utara.

Kasat Resnarkoba AKP Mulyadi, Selasa (13/2)menjelaskan, awalnya mereka menangkap tersangka berinisial DS (50) alias Pak Deval di Jalan Sisingamangaraja, sekira Pukul 19.00 WIB. Pak Deval ditangkap saat sedang mengendarai sepeda motor di sekitara Jalan Sisingamangaraja.

“Personil Sat Narkoba menuju ketempat yang dimaksud dan melihat seorang laki-laki yang dicurigai yang mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion BK 3518 -LN, kemudian Personil Sat Narkoba langsung menangkap laki-laki tersebut,” tuturnya.

Saat akan ditangkap, Pak Deval sempat melakukan perlawanan. Hal itu membuat warga sekitar berkumpul mengerumuni lokasi penyergapan petugas dan melihat langsung saat warga Jalan Farel Pasaribu Kelurahan Pardamean Kecamatan Siantar Marihat itu diboyong petugas.

“Dari genggaman tangan kiri tersangka ditemukan ganja seberat 35, 04 gram. Sepeda motor nya juga kita jadikan barang bukti,” ujar AKP Mulyadi.

Selang satu jam kemudian, giliran warga Jalan Singosari yang dibuat petugas heboh. Dari Jalan Singosari itu, petugas melakukan penangkapan terhadap tersangka berinisial KM alias Pak Air.

Sebelum berhasil diamankan, Pak Air sempat melarikan diri masuk ke dalam rumah. Namun usaha pria 57 tahun itu sia-sia setelah petugas lebih gesit dalam aksi kejar-kejaran.

“Saat melarikan diri itu, tersangka KM sempat membuang bungkusan yang diduga berisi ganja,” ungkapnya.

“Benar saja. Setelah dicari dan dibuka, ternyata bungkusan itu berisi ganja seberat 5, 84 gram,” sambung Mulyadi.

Kepada tersangka, petugas menanyakan pemilik dari daun ganja itu. Tak dapat mangelak lagi, tersangka pun mengakui dan mengatakan jika ganja itu miliknya.

Bersama barang bukti, tersangka selanjutnya diboyong ke Mapolres Pematangsiantar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Saat ini kedua tersangka telah mendekam di RTP Polres Pematangsiantar.

Sementara pasal yang dikenakan kepada keduanya yakni, Pasal 114 subs 111 Undang-undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (cr05/esa)

Loading...