Pembangunan Gedung Baru Pasar Horas Diprogramkan

Pasar Horas Kota Pematangsiantar

MetroSiantar.com – Jajaran Pelaksana Tugas (Plt) Direksi Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) Kota Pematangsiantar, kembali memberi janji soal pengembangan pembangunan Pasar Horas. Rencananya dijadikan sebagai pasar modern dengan mengandalkan investor.

Bukan melalui APBN dan APBD, dengan alasan anggaran kesana cukup besar dengan angka ratusan milyar. Plt Direktur Umum PD PHJ Pematangsiantar Benny Sihotang mengakui, beberapa investor sudah mendatangi jajaran Direksi PD PHJ dan ia berharap dalam waktu dekat dengan komunikasi yang dibangun, sudah dapat direalisasikan. Jika pembangunan pasar menjadi pasar modren terlaksana, maka wajah pasar akan lebih tertata.

Benny bersama jajaran lainnya menambahkan, rencana pembangunan tidak lepas dari usia bangunan yang sudah mencapai 36 tahun, dan sebagian bekas kebakaran. “Gedung satu, dua dan tiga akan menampung pedagang existing. Sifatnya pedagang membayar. Dan pedagang agar dikelompokkan sesuai jenis dagangannya,” terangnya, Selasa (13/3).

Untuk proses pembangunan, sambung Benny, sifatnya harus transfaran. Salah satunya cara adalah dengan melibatkan TP4D, konsultan pengawas untuk melakukan pendampingan yang dibiayai. Sementara untuk gambar bangunan sepenuhnya berada di tangan pemodal. “Kami mengharapkan investor telah dihunjuk untuk akhir bulan ini,” sebutnya.

Kelak pembangunan dimulai, maka pedagang akan ditempatkan pada tempat sementara, atau melakukan pembangunan secara bertahap sehingga pedagang tetap bisa berjualan. Tahapan pekerjaan akan terlebih dahulu disosialisasikan kepada pedagang. “Untuk pembangunan pasar penampungan nantinya tetap dilakukan oleh investor,” jelasnya seraya menambahkan, pembangunan dilakukan dalam koridor ketentuan hukum yang ada. (pam/ahu)

Loading...