Pecandu Ganja Kibusi Bandar

Tersangka Aceh (kanan) saat diperiksa petugas bersama barang bukti ganja.

MetroSiantar.com – SS alias Stypen, pecandu narkotika jenis ganja, ditangkap tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Pematangsiantar, Selasa(10/7) di rumahnya di Jalan Bukit Barisan, Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur.

Pria pengangguran ini ditangkap bersama barang bukti ganja yang diletakkan di atas meja ruang tamu rumahnya. Saat itu Stypen sedang duduk dan ingin mengisap ganja tersebut, namun keburu diciduk petugas.

Di samping ganja itu, petugas juga menemukan 4 batang rokok dan 2 lembar kertas tik tak yang dibungkus dengan kotak rokok sampoerna.

Ganja yang kita amankan satu paket,” kata Kasat Resnarkoba AKP Erwin Tito.

Stypen mengaku jika ganja itu didapat dari seseorang yang akrab dipanggil Aceh.

Dengan membawa Stypen dan barang bukti, petugas menuju kediaman Aceh di Jalan Tuan Baja Purba, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. Namun saat dilakukan penggeledahan, Aceh yang menjadi buruan itu tidak berada di tempat.

Petugas justru menemukan 1 paket besar ganja dan 53 paket ganja kecil yang ditemukan dari sebuah kantong plastik warna biru. Bukan hanya itu saja, petugas juga menemukan sebuah timbangan dan berapa lembar kertas nasi.

“Barang bukti itu kita amankan dari lemari ruangan dapur tersangka (Aceh). Di dalam rak piring,” beber Erwin.

Pencarian terhadap Aceh terus dilakukan ke tempat biasa ia nongkrong. Alhasil, Aceh ditemukan sedang berada di pinggir Jalan Pisang, Kecamatan Siantar Marihat.

Berbagai macam pertanyaan dicecar kepada pria 57 tahun itu. Hingga ia mengakui kepemilikan ganja yang ditemukan di dalam rumahnya.

Saat ini, kedua pria itu tengah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Keduanya dijerat Pasal 114 subs 111 Undang-undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Kedua tersangka diancam hukuman penjara 5-15 tahun,” pungkas AKP Erwin Tito. (gid/esa)