Dua Ruko Terbakar di Parluasan

Suasana proses pemadaman api 

MetroSiantar.com – Dua unit ruko terbakar di jalan Gotong Royong, Kelurahan Suka Dame, Kecamatan Siantar Utara, tepatnya di Pasar Dwikora, Selasa (17/7) sekira Pukul 23.30 WIB. Dua ruko itu diketahui milik bermarga Saragih dan Zuin.

Saat api mulai berkorban, warga langsung membantu memadamkan dengan alat seadanya. Namun dikarenakan api semangkin besar, warga pun langsung menghubungi Petugas Pemadam Kebakaran Kota Pematangsiantar.

Petugas pemadam kebakaran mengerahkan 4 mobil pemadam milik Pemerintah Kota Pematang Siantar dan 1 mobil pemadam milik PT STTC.

“Warga ada yang melapor bahwa ada kebakaran di Pasar Parluasan, selanjutnya petugas Damkar piket langsung meluncur ke lokasi dan langsung berusaha memadamkan api,”kata Kasi operasional BPBD kota Pematangsiantar Imle Pandapotan Sinaga.

Penyebab kebakaran diduga kuat akibat hubungan arus pendek listrik di ruko milik Saragih. Yang kemudian api mulai merembes ke ruko sebelahnya.

“Penyebabnya diduga karena korsleting listrik. Api dapat dipadamkan selama 1 jam, dengan proses pendinginan,” lanjut Pandapotan.
Meski sudah padam, petugas masih melakukan penyemprotan untuk pendinginan dan lokalisir api agar tidak merembet.

“Dari keterangan warga di lokasi, api pertama terlihat didalam ruko milik Saragih. Tidak sampai 10 menit kemudian,ke ruko sebelah yakni milik Zuin,”katanya.

Petugas sempat kesulitan memadamkan api pada ruko milik Zuin, hal itu diakibatkan pintu besi depan ruko sulit dibuka. Setelah sekian lama bergelut dengan pintu itu, petugas dan masyarakat akhirnya berhasil mendobrak pintu besi warna hijau itu.

Kurang lebih 1 jam petugas akhirnya dapat memadamkan api dibantu dengan masyarakat. Setelah api dipadamkan, sejumlah besar barang dagangan milik Zuin masih dapat diselamatkan, namun tidak dengan barang dagangan ruko yang disebelahnya. (gid/esa)