Briptu MRF Diserahkan ke Polda Sumut

Ilustrasi

MetroSiantar.com – Briptu MRF (27), seorang anggota kepolisian yang tercatat bertugas di Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun yang dibekuk Sat Resnarkoba Polres Siantar beberapa waktu lalu resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Hal penetapan status tersangka tersebut dikatakan Kapolres Siantar AKBP Doddy Hermawan melalui Kepala Sat Resnarkoba Polres Siantar, AKP Erwin Tito, SH.

“Sudah tersangka, pada hari ini,” kata Kasat yang akrab disapa Tito ini.

Dikatakan Tito, hasil keputusan status pada Briptu MRF, pihak Sat Resnarkoba Polres Siantar dengan Polda Sumut melalui Direktorat Sat Resnarkoba Polda Sumut, sudah berkoordinasi sebelumnya.

“Beliau (Briptu MRF,red) dan barang bukti diduga 13 gram kotor sabu dan timbangan digital sudah kita serahkan ke Polda,” katanya.

Saat penangkapan, Briptu MRF tampak ditemani dua temannya, yang keduanya merupakan wanita, kata Tito. Keduanya tidak terlibat dalam kasus narkoba sabu-sabu tersebut dan hanya sebagai saksi.

“Kita sudah gelar perkara, baik di Polres Siantar dan Polda Sumut. Mereka berdua hanya saksi,” tambahnya.

Untuk proses hukum ke depannya, lanjut Tito, berkas perkara Briptu MRF akan dilimpahkan ke Kejari Siantar dan akan disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar. “Kita masih menunggu keterangan selanjutnya dari Polda,” ujarnya.

Terkait timbangan digital yang turut diamankan, Tito menegaskan, timbangan tersebut merupakan milik tersangka Briptu MRF dan saat pemeriksaan penyidik, Briptu MRF mengakuinya.

Sekadar diketahui, Briptu MRF dibekuk personil Sat Resnarkoba Polres Siantar di kediaman kontrakannya, di seputaran Kelurahan Sumber Jaya, Siantar Martoba.

Informasi dar kepolisian, penggerebekan ini bermula dari informasi dari warga, rumah yang diketahui bercat warna putih dengan gabungan warna hijau, diduga sering dijadikan sebagai tempat mengosumsi sabu-sabu.

Mendapatkan informasi tersebut, personil Sat Resnarkoba Polres Siantar yang dipimpin langsung KBO Sat Resnarkoba, Ipda S Purba SH, beserta para personil memantau rumah kontrakan kediaman Briptu MRF dan dua rekannya wanita.

Sebelum penangkapan Briptu MRF dan dua rekannya wanita itu, ada beberapa orang yang mengendarai kreta (sepeda motor) berlalu-lalang menuju rumah kontrakan tersebut dan pergi meninggalkan rumah yang diketahui berpintu warna cokelat itu.

Saat lapangan sudah ‘steril’, tim opsnal Sat Resnarkoba Polres Siantar coba mendekati rumah kediaman kontrakan Briptu MRF dengan cara berpencar di sekeliling rumah.

Singkat cerita, personil masuk ke dalam rumah dan langsung mengamankan Briptu MRF dan dua temannya wanita di dalam satu kamar. Berdasarkan penelusuran awak media ini, rumah kontrakan tersebut mempunyai dua kamar tidur.

Selanjutnya, Briptu MRF yang memakai kaos oblong warna putih dan dua temannya, serta satu unit mobil Daihatsu Xenia warna hitam BK 1010 IR, serta 2 unit kreta yakni Honda Beat warna putih orange BK 5665 TAN, dan Yamaha Nmax warna merah BK 5390 QL diboyong ke Sat Resnarkoba Polres Siantar guna dimintai keterangan lebih lanjut. (gid/esa)