Peringatan Hari Pahlawan 2018, Kisah Perjuangan Tuan Rondahaim Saragih Kembali Dipentaskan

Bagikan:
Tim pementasan Perjuangan Tuan Rondahaim Saragih dari Sanggar Budaya Rayantara dan tim pendukung.

MetroSiantar.com – Sanggar Budaya Rayantara akan kembali mementaskan perjuangan Raja Raya Tuan Rodahaim Saragih menentang kolonial Belanda. Selain pementasan, akan dilakukan diskusi dengan tema ‘Pahlawan Nasional Simalungun sebagai inspirasi generasi muda, Minggu (11/11) di Balai Bolon Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar.

Ketua Hasadaon Saragih Garingging Boru Pakon Panogolan Kabupaten Simalungun Garinsen Saragih Garingging dan Ketua Sanggar Budaya Rayantara Sri Sultan Saragih menjelaskan, Tuan Rondahaim Saragih merupakan Raja Raya yang sepanjang hidupnya dihabiskan untuk berperang melawan Belanda. Pos milik Belanda di daerag Padang, Bedagai, Tebing Tinggi dan Bajalingge terus diserang pasukan Tuan Rondahaim, dengan tujuan pengusiran dari wilayah Sumatera Utara.

“Tuan Rondahaim dikenal tidak kompromi dengan penjajah, tidak pernah ditawan Belanda. Itu berkat kecerdasan dan keberanian beliau,” kata Sultan Saragih.

Dijelaskan Sultan, masyarakat Simalungun sudah mengajukan Tuan Rondahaim Saragih menjadi Pahlawan Nasional. Dibutuhkan dukungan semua pihak, agar perjuangan tersebut berhasil, setelah 16 tahun lalu diberikan gelar pejuang daerah.

Kepemimpinan Tuan Rondahaim membawa pasukannya banyak mengalahkan pasukan Belanda. Bahkan penguasa lokal yang memberontak. Seorang panglima Tuan Rondahaim, yang bergelar Tuan Sinondang, berhasil menumpas para pembangkang. Namun dalam perjalanannya, setelah satu pemberontakan ditaklukkan, muncul pemberotakan lain.

“Tuan Rondahaim itu tegas terhadap Belanda dan partuanon yang memberontak. Sehingga dia digelari Tuan Namabajan, karena ketegasannya. Itulah yang kita pentaskan,” kata Sultan.

Ditambahkan Sultan, status Tuan Rondahaim yang sudah mendapat gelar pejuang daerah dari Presiden BJ Habibie, pada tahun 1999, harus ditingkatkan menjadi gelar Pahlawan Nasional. Upaya untuk mewujudkan gelar Pahlawan Nasional tersebut, perlu dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kepahlawanan Tuan Rondahaim Saragih. (esa)

Bagikan: