PPK Kecamatan Girsip Gelar Bimtek

Ana/ Metro Siantar
Panwascam Girsang Sipangan Bolon melakukan pemantauan pelaksanaan Bimtek.

MetroSiantar.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Girsang Sipangan Bolon (Girsip) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Kantor Camat Girsip, diikuti seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Girsip, Rabu (17/1).

Ketua PPK Yuul Bryner Pakpahan mengatakan, tujuan diadakannya Bimtek, agar PPS dan PPDP memahami tugas saat melakukan pendataan pemilih. “Sebelum mereka melakukan pendataan, mereka dibekali tentang tata cara pendataan dan pengisian pormulir di lapangan,” ujarnya.

Guna meminimalisir adanya potensi variabel penurunan angka pemilih di Girsip, lima orang PPK bersama dengan 18 orang PPS dan 32 PPDP akan melakukan pencocokan dan penelitian (pencoklit) pada tanggal 20 Januari mendatang. “Secara nasional, pencoklit akan dilakukan. KPU Pusat, KPU Provinsi, KPU Kabupaten, PPK, PPS dan PPDP akan turun ke lapangan,” terang Yull.

Selain itu, lanjut Yull, poncoklit juga bertujuan untuk mencocokkan DP4 dengan hasil di lapangan. “Dari hasil pencoklit nantinya akan terlihat apakah ada perubahan pada data pemilih, mulai dari yang berubah status menjadi TNI/Polri, meninggal, pindahan, pemilih yang belum terdaftar dan pemilih pemula,” jelasnya lagi. (ana/ahu)

Loading...