Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba Diresmikan

Metro Siantar
Peresmian pusat informasi Geopark Nasional Kaldera Toba.

NewTapanuli.com – Menteri ESDM Ignasius Jonan meresmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Pagoda, Open Stage, Parapat, Kamis (18/1.

Peresmian ini berlangsung sekira Pukul 17.00 WIB. Peresmian ini menjadi salah satu agenda kunjungan kerjanya selama dua hari di kawasan Danau Toba.

Ignasius Jonan melalui Kabag Rencana dan Laporan Badan Metereologi Kementrian ESDM Hadianto berharap diresmikannya pusat informasi akan memberikan informasi dan sistem pendidikan informal dalam memberikan pemahaman akan kekayaan alam pada masyarakat dan pengunjung.

Menteri ESDM Ignatius Jonan melakukan gunting pita peresmian gedung Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba.

Dia juga menjelaskan bahwa pusat informasi ini menjadi salah satu jawaban pemerintah kepada UNESCO atas kesiapan Indonesia dan Kaldera Toba menjadi salah  satu negara anggota Unesco Global Geopark.

“November lalu telah kita usulkan, sementara pada bulan April nanti akan ada penilaian dari Unesco atas kelayakan tersebut, semoga kita lulus” imbuhnya.

Corry Parroma Panjaitan, Manager Geo Area Porsea, mangatakan dengan adanya pusat informasi Geopark Kaldera Toba ini  tujuannya agar Geopark Kaldera Toba bisa masuk menjadi Geopark UNESCO.

“Yang terbaik buat Kaldera Toba akan kita lakukan dan terus kita kembangkan,”paparnya.

Hadir  dalam peresmian ini Wakil Gubernur Sumut Nurhazijah Marpaung, Wakil Bupati Simalungum Amran Sinaga, Kadis Pariwisata Simalungun Pahala Sinaga beserta perwakilan pemerintahan dari tujuh kabupaten kawasan Danau Toba.
(ana/esa)