GKPS Pamatang Simalungun: Lansia Berdoa Bersama Dalam Retreat

Ist
Para lansia berfoto bersama saat retreat.

MetroSiantar.com – Usia lanjut bukan menjadi penghalang untuk semakin meningkatkan iman sekaligus meningkatkan silaturahmi. Melalui doa dan kebaktian bersama dalam acara retreat, Tumpuan Lansia GKPS Pamatang Simalungun, mengunjungi Pulau Samosir, tepatnya Desa Tuktuk Kabupaten Samosir.

Ketua Lansia GKPS Pamatang Simalungun St Djautur Siallagan SH menjelaskan, menjadi lansia tidak lepas dari tanggungjawab untuk tetap memperbaharui iman, menjadi teladan dan menjaga persatuan sesama lansia. Umur dan keterbatasan membuat lansia tidak lagi seefektif saat masih muda, namun dengan semangat, tugas dan tanggungjawab dapat dilaksanakan.

Dijelaskan St Djautur Siallagan, ada sekitar 55 orang yang mengikuti retreat yang langsung dimpimpin Inang PW Lermianna Girsang.

“Selain lansia, diundang ikut seksi pemuda dan BDS. Sehingga acara benar-benar membuat lansia terhibur,”katanya.
Rombongan yang diberangkatkan langsung dari GKPS Pamatang Simalungun ini menginap dan melaksanakan berbagai acara di Hotel Ambaroba, Tuktuk.

Seksi pemuda yang diundang, menjadi panita untuk menggelar beberapa kegiatan dan perlombaan antara lansia.

“Kami bersama rombongan semua menyempatkan berkunjung Desa Siallagan menikmati keindahan alam, bahkan tidak sedikitpun kami lansia ini merasa letih tapi penuh semangat,” katanya.

Dijelaskan Djautur, mereka manortor bersama penuh semangat dan sukacita. Semangat dan keakraban di masa lansia hal yang patut diteladani.

“Karena semua kegiatan yang diadakan panitia mereka sukacita yang dia dalam oleh tiam yang dipandu oleh BDS dan Pemuda,”katanya.

Malam hari lakukan ibadah singkat yang dipimpin PW Lermianna Girsang dengan mengutip nats Alkitab Amsal 3:5-6.

“Tuhan tetap menyertai dan menguatkan para lansia dalam menjalani hari tuanya dan kiranya lansia tetap dekat kepada Tuhan dan tekun dalam doa setiap saat,”kata PW Lermianna.

Dalam acara yang dilaknasakan, Sabtu-Minggu (19-20/1), rombongan melaksanakan ibadah minggu di GKPS Tuk-tuk Siadong. Terjalin keakraban dengan setiap anggota jemaat di gereja tersebut. Bersamaan dengan seksi bapa GKPS Gloria Haranggaol dan Pemuda GKPS Raya Huluan yang kebetulan melaksanakan retreat di tempat berbeda.

“Harapan kami semoga acara retreat ini jangan sampai di sini saja dan berkelanjutanlah terus dan kegiatan lebih banyak lagi dan menarik.

Di kegiatan ini saya bersyukur karena semakin erat hubungan kami lansia ini,” ucap Inang Sangapan br Marpaung. (rel)