Limbah PKS Tinjowan Lintasi Pemukiman Terbuka dan Berjarak 1 KM

Akses parit limbah PKS Tinjowan menuju kolam IPAL

MetroSiantar.com – Pengelolaan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) milik Pabrik Kelapa Sawit PT Perkebunan Nusantara IV Unit Tinjowan, diduga tidak memenuhi aturan yang berlaku.

Soalnya, jarak antara PKS tersebut dengan kolam IPAL sekitar kurang lebih 1 kilometer. Limbah yang masih dalam keadaan bersuhu panas itu mengalir melalui selokan terbuka, yang melintasi komplek perumahan milik perusahaan BUMN.

Sistem pengelolaan air limbah PKS yang dilakukan pihak PKS Tinjowan itu, dapat membahayakan bagi warga yang merupakan karyawannya sendiri maupun masyarakat lain yang kerap melintasi dan menggunakan jalan di bawah aluran air limbah yang masih panas dari PKS tersebut.

A Hasyimi, pengamat lingkungan di Simalungun, mengatakan, sistem pembuangan limbah yang tidak aman berpotensi membahayakan bagi lingkungan. Melanggar kaidah dan prinsip dasar dari Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), yang sudah jelas bertujuan untuk memberikan perlindungan yang nyata bagi makhluk hidup yang berada di daerah terdampak dari sebuah kegiatan usaha milik perusahaan penghasil limbah.

“Kita menyayangkan pembiaran limbah yang terkesan mengabaikan keselamatan masyarakat. Walaupun memang masih di dalam areal HGU-nya, namun jalur tersebut sebagian adalah akses lintasan masyarakat,” kata Hasyimi.

Menurut Hasyimi, seharusnya pihak perusahaan tidak boleh mengabaikan keselamatan bagi masyarakat.

“Saat mengalir limbah tersebut masih dalam keadaan panas. Itu khan kurang mencerminkan pengelolaan IPAL yang baik, dapat beresiko. Harusnya lokasinya diisolasi agar dapat memenuhi keselamatan bagi orang lain, bukan akses terbuka”, pungkasnya.

Saat dikonfirmasi Manager Tinjowan Mardani Tampubolon, Selasa (6/2) sekira Pukul 12.32 WIB, ketika ditanyai terkait hal tersebut membenarkan adanya limbah yang dialirkan hingga sekitar 1 KM dari PKS.

“Benar limbah dari Bak Fit-Fat ke kolam IPAL, jaraknya kurang lebih 1 Km, sejauh ini tidak ada masalah pak”, jawabnya via aplikasi whatsapp. (jay/adi/esa)