Nekat Sentuh Narkoba Pelaku Bakal Ditembak

Suyadi
Gelar press release pemusnahan barang bukti narkoba yang dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Manaek S Ritonga SH.

MetroSiantar.com – Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK MH menegaskan akan menindak tegas seluruh pelaku yang terlibat dalam penyalahgunaan seluruh jenis narkotika. Jika tetap masih nekat, pihaknya tidak akan sungkan menembak pelaku.

Hal tersebut disampikan Kapolres Simalungun diwakili Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Manaek Sahala Ritonga SH sesaat setelah pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dan ganja di Lapangan Aspol Polres Simalungun, Jalan Asahan, Kelurahan Sipita Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Kamis (22/2) siang.

Sebanyak 128,62 gram narkoba jenis sabu-sabu senilai Rp150 juta lebih dan 747,49 gram narkoba jenis daun ganja kering, dimusnahkan dengan cara direndam dan dibakar.

Kasat Narkoba AKP Manaek Sahala Ritonga SH menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan dengan cara dibakar dan direbus tersebut merupakan hasil ungkap kasus yang dilakukan oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun dan Polsek sejajaran Polres Simalungun, diantaranya berdasarkan LP/20/2018/Simal Narkoba/Tanggal 22 Januari 2018, atas nama tersangka, Jhonny Frikki Pasaribu alias Kiki, dengan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 17,02 gram, LP/01/1/2018/Simal Bangun/Tanggal 19 Januari 2018, atas nama tersangka Erik Setyawan alias Iwan, dengan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 61,46 gram.

Kemudian, LP/111/VIII/2018/Simal Narkoba/Tanggal 24 Agustus 2018, atas nama tersangka Suheri (DPO), dengan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 15,62 gram. LP/01/I/2018/Simal Perdagangan/Tanggal 21 Januari 2018, dengan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu sebanyakan 21 gram, narkotika jenis daun ganja sebanyak 109 bungkus, dengan berat 161,72 gram, narkotika jenis daun ganja sebanyak 4 bungkus, dengan berat 286,57 gram, barang bukti narkotika jenis daun ganja sebanyak 2 bungkus, dengan berat 299,2 gram. Dan, LP/214/XI/2017/Simal Tanah Jawa/Tanggal 20 Nopember 2017, atas nama tersangka Tri Situmorang, dengan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 13,52 gram.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Simalungun Allan Baskara SH MHum, Jaksa Penuntut Umum oleh Fransiska AT Sitorus, Kapolsek Bangun AKP Putra Jani Purba SH, Kapolsek Perdagangan AKP Daniel Artasasta Tambunan SH SIK, Penasehat Hukum, Pangulu Karang Rejo Muliono, dan para tersangka.

Manek Sahala mengatakan, pihaknya tidak akan pernah berhenti dalam mendukung program pemerintah untuk memberantas peredaran gelap narkoba di wilayah hukum Polres Simalungun.

“Tindakan tegas akan dilakukan untuk bandar, pengedar dan pemakai. Jika sayang keluarga dan masyarakat, segera bantu informasikan kepada kami. Narkoba itu sangat membahayakan, perlu kerjasama untuk memberantasnya,”katanya.(adi/esa)