UPT Rumah Sakit Khusus Mata Provsu Adakan Pemeriksaan Mata Gratis

Firma
Petugas Puskesmas Tiga Balata saat memeriksa warga disaksikan Camat Jorlang Hataran Tohap Manurung SH, (Selasa 13/3).

MetroSiantar.com – Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Rumah Sakit Khusus Mata, bersama Pemkab Simalungun menggelar pemeriksaan mata gratis di Puskesmas Tiga Balata, Selasa (13/3). Pantauan METRO SIANTAR, sekira pukul 10.00 WIB, warga memadati puskesmas untuk memeriksa kesehatan mata. Pegawai puskesmas tampak memeriksa kesehatan warga sebelum dirujuk kebagian pemeriksaan mata, di salah satu ruangan yang sudah disiapkan oleh pihak Puskesmas Tiga Balata.

Kepala Puskesmas Tiga Balata dr Sri Leni Saragih mengatakan, sebelum digelarnya pemeriksaan mata, pihaknya terlebih dahulu menginformasikan kepada warga melalui bidan desa yang ada di nagori. “Sudah kita imbau kepada masyarakat melalui bidan desa masing-masing nagori, agar memberitahukan kepada masyarakat terkait kegiatan pemeriksaan mata secara gratis ini. Dan kita melihat masyarakat merespon dengan baik. Sebanyak 52 warga datang untuk memeriksa kesehatan mata,’ jelas Sri Leni.

Senada, Syahrial Dalimunte selaku petugas pemeriksa mata mewakili UPT Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Utara mengatakan, sebanyak 31 orang warga yang diperiksa positif mengidap penyakit katarak. “Pasien tersebut pada 19 Maret mendatang kita rujuk untuk melakukan operasi mata di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Perdagangan secara gratis tanpa dipungut biaya. Umumya warga yang mengidap positif katarak para orang tua yang sudah cukup umur,” sebutnya.

Syahrial menjelaskan, penyakit mata (katarak) disebabkan beberapa faktor, seperti usia lanjut, stres dan benturan di kepala. Sementara, Khairil Anwar warga Tiga Balata menyambut baik kegiatan pemeriksaan mata secara gratis ini. “Saya dari kecil sudah bermasalah dengan penglihatan mata. Dan kegiatan ini saya rasa sangat membantu bagi masyarakat. Jika saya positif katarak, saya akan ikut operasi mata nantinya agar pengelihatan saya tidak bermasalah lagi,” tuturnya.

Semantara itu, Camat Jorlang Hataran Tohap Manurung SH sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Saya sudah sampaikan kepada pangulu agar mengarahkan setiap warga untuk kegiatan pemeriksaan mata secara gratis di Puskesmas Tiga Balata.

Kegiatan ini sangat positif dan kita apresiasi,” cetusnya. (fis/ahu)