Robuz Inna Band Ikuti Festival Akustik Batak Fiesta 2

Festival Akustik Batak Fiesta 2

MetroSiantar.com – Danau Toba Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, bukan saja hanya mengandalkan panorama Sumber Daya Alam (SDA) saja. Akan tetapi, berbagai faktor spesifik dan spektakuler seperti dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) seni artistik vokalis, beranjak dari penampilan lokal menjadi vocal group autodidak, menyajikan lagu daerah  di sekitar hotel yang berada di Parapat, hingga hijrah dan melanglang buana  ke ibukota untuk masuk dapur rekaman seperti Tio Amsisi, Trio Ambisi, Aroba 81, Vocal Group Atsari Hotel, Vocal Group Sibigo, Vical Group Parapat Hotel, Vocal Group Ambaroba, dan yang lainnya.

Tetesan dari Embrio ini, kota tourist Parapat yang sempat mengalami keterpurukan kunjungan Wwsatawan akibat berbagai keadaan alam dan politik, kini bangkit atas terpilihnya Danau Toba masuk dalam 10 destinasipPariwisata di Indonesia oleh Presiden Jokowi. Bangkitnya kembali roh pariwisata, dalam rangka menghadapi demam kunjungan wisata dari sisi entertaiment, lahirlah Robuz Inna Band.

Remember Manik personel Robuz Inna Band kepada awak koran ini mengatakan, Robuz Inna Band adalah sebuah group yang lahir pada tanggal 25 Januari 2018. Robuz dibentuk  delapan orang personel, dan memiliki latar belakang berbeda serta sederhana yakni ada karyawan hotel, pemandu wisata, jasa parkir, pelaku wisata, jasa angkutan. Semuanya berdomisili di kota tourist Parapat.

Di awal Januari 2018, mereka mengetahui lewat Medsos, akan ada perhelatan seni antar band yang bernuansa akuistik. Personel ini lalu berkumpul serta berembuk mengadakan latihan, dan sepakat mengikuti festival perdana dengan bentukan nama Robuz Inna Band.

Target awal mereka hanya mengikuti saja, tanpa berharap melangkah lebih jauh.

“Ini dikarenakan persyaratan festival yang lumayan susah dan berat, semisal harus ada ciptaan salah seorang personel, harus mengaransemen salah satu lagu ciptaan Tongam Sirait putra Parapat (pencipta sekaligus penyanyi) yang sudah familiar di masyarakat, dan diwajibkan setiap pemain harus memainkan alat musik, lengkap uniform (harus seragam) bebas,” ujar Manik.

Berbekal semangat dan rasa optimis yang tinggi serta meminta bantuan ke beberapa sahabat mereka sudah mapan secara ekonomi, akhirnya mereka mengikuti audisi perlombaan tersebut yang dinamai Festival Akustik Batak Fiesta 2, yang diselenggarakan di dua kota yakni Pematang Siantar dan Balige. Robuz Inna Band mengkuti audisi  pada tanggal 14 Februari di Lumban Bul Bul Balige, Kabupaten Tobasa.

Mereka menampilkan dua lagu sesuai persyaratan panitia. Lagu pertama yang dibawakan adalah ‘Sugari’ Cipt Tongam Sirait, dan lagu kedua adalah  ‘Sasaotik’ cipt Remember Manik yang di arransemen dengan sangat unik dan spesifik oleh para personel Robuz Inna Band.

Pengumuman group yang berhasil lolos ke babak final sudah diumumkan pada tanggal 10 Maret 2018. Dan sekali lagi, di luar dugaan, Robuz Inna Band berhasil mendapat tiket dan berhak menjadi finalis. Robuz Inna Band memegang tiket mengikuti Final Festival Batak Fiesta 2 yang akan diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Antares Medan, pada tanggal 16 Maret 2018 mendatang.

Adapun delapan personel Robuz Inna Band yakni Elvis Sirait (conga, cazon), Erwin Siagian (kecapi, vocal 3) , Hasudungan Manurung (seruling), Timbul Harianja (guitar), Kocu Simbolon (guitar, vocal 2), Dedy Simbolon (guitar, vocal 4), Benny Simbolon (bass), dan Remember Manik (maracas, vocal 1).

“Kami adalah asli putra-putra kelahiran Parapat-Tigaraja-Ajibata sekitarnya, yang memainkan berbagai jenis aliran musik berharap kepada seluruh masyarakat Parapat, Tigaraja, Ajibata sekitarnya yang berada di perantauan maupun yang tinggal di kampung, untuk memberi dukungan dan support agar Robuz Inna Band ini dapat mengikuti festival,” papar Remember Manik. (ana/ahu)