Terkait Pilgubsu, Panwascam Dolok Panribuan Imbau Warga Cermati DPS

Ramsiana
Staf Panwascam Dolok Panribuan sedang melakukan rekapitulasi data temuan pada DPS, Senin (2/4).

MetroSiantar.com – Ketua Panwascam Dolok Panribuan Marulak Nainggolan imbau warga cermati Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah diterbitkan KPU. Demikian disampaikan Marulak Nainggolan ketika ditemui di Kantor Panwascam, Senin (2/4).

Menurutnya, dari temuan Panitia Pengawas Lapangan (PPL), hampir di setiap nagori terdapat temuan masih ada warga yang memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam DPS. Persoalan lainnya adalah temuan pemilih tidak menuhi syarat namun terdaftar di DPS.  “Masih ada nama warga yang meninggal dunia, bukan penduduk di kelurahan atau desa setempat, serta ganda pemilih satu TPS dan ganda di TPS lain namun terbit di DPS.  Ini menjadi tugas PPL di masing masing nagori untuk dilaporkan ke Panwascam,” terang Marulak.

Terkait program kerja Panwascam dan PPL, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membuat warung pengawasan partisipatif Panwascam Dolok Panribuan di masing masing nagori. Warung tersebut bertujuan menjadi sentra pengaduan warga di masing masing nagori.  “Jika ada temuan pelanggaran oleh warga, bisa melaporkan kepada PPL kami yang ada di masing masing nagori,” ujarnya.

Hingga kini, sambung Marulak, pihaknya masih melakukan rekapitulasi data temuan di DPS.  “Kita masih melakukan rekapitulasi data, jadi soal berapa jumlah data temuan masih belum bisa kita share sebab masih dalam tahap pengerjaan,” ungkapnya lagi.

Berdasarkan jadwal KPU, proses perbaikan DPS berlangsung mulai tanggal 3-7 Maret 2018. (ana/ahu)