Tangani Perkara Perdata dan TUN, Imigrasi Siantar dan Kejari Simalungun Kerjasama

Romanis
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Siantar Alrin Tambunan dan Kajari Simalungun Irvan Paham Samosir, berserta jaksa lainnya berfoto bersama.

MetroSiantar.com – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Siantar Alrin Tambunan bersama stafnya mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, dalam rangka kerjasama di bidang kesepahaman (MoU) terkait penanganan perkara perdata, dan tata usaha negara (TUN). MoU ini berlangsung di aula Kejari Simalungun, kemarin.

Dalam kesempatan ini, Kasi Datun Fitri Yani menyampaikan, dengan adanya Penandatangan MoU antara Imigrasi dengan Kejari Simalungun memfungsikan jaksa Simalungun dalam menangani perkara perdata dan TUN, yang dihadapi pihak Imigrasi Siantar melalui Surat Kuasa Khusus (SKK).

MoU ini diharapkan berjalan dengan baik dan maksimal, jangan sekadar formalitas. “Dengan adanya ini, maka akan ada hubungan yang baik dan berjalan dengan lancar terkait izin yang sering sekarang disalahgunakan warga negara asing (WNA),” sebutnya.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Simalungun Irvan Paham Samosir menjelaskan, dengan adanya MoU ini maka pihak Imigrasi jangan ragu-ragu untuk berkoordinasi dengan masalah yang dihadapi, terutama perkara perdata dan Tata Usaha Negara.

Senada, Kepala Imigrasi Siantar Alrin Tambunan menerangkan, masalah yang sering dihadapi pihak Imigrasi adalah masalah tempat tinggal sementara, dan tinggal tempat berkunjung sering disalahgunakan untuk kepentingan lain. Bahkan, sambungnya, izin tinggal sudah berakhir, namun pelaku masih tetap berada di tempat Imigrasi Siantar yang mencakup 8 kabupaten, dan 2 kota.

“Dengan adanya MoU ini, diharapakn akan menjadi kerjasama yang baik dan mengurangi yang tidak diinginkan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” jelas Alrin Tambunan.

Turut hadir acara ini Kasi Intel Kejari Simalungun Robinson Sihombing SH, Kasi Pidsus Rendara Pardede SH, Kasubagbin Dasmer Saragih SH, dan beberapa jaksa lainnya di bidang perdata dan TUN. (ros/ahu)

Loading...