Cegah Teroris dengan K2YD

Suyadi
Pelaksanaan K2YD Polres Simalungun dipimpin AKP Daniel Artasasta Tambunan SH SIK.

MetroSiantar.com – Pasca penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 dibeberapa daerah di wilayah Sumatera Utara, Selasa (15/5) sekira pukul 21.00 WIB, jajaran Polres Simalungun menggelar kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) berupa razia di wilayah perbatasan dengan wilayah hukum Polres Batubara, sebagai salah satu bentuk dan rangkaian upaya pihak Polres Simalungun mencegah dan mempersempit ruang masuknya teroris di wilayah hukum Polres Simalungun.

Dengan dipimpin langsung Kapolsek Perdagangan AKP Daniel Artasasta Tambunan SH SIK bersama belasan personel polisi dari mulai Unit Sabhara, Unit Intelkam, Unit Reskrim, dan Unit Lantas serta persenjataan lengkap, OPS KYD tersebut menyasar kepada pemeriksaan kendaraan bermotor, pengemudi serta penumpang dan juga barang bawaannya. Gelaran operasi tersebut diharapkan dapat mempersempit ruang gerak teroris.

Hal tersebut diungkapkan oleh AKP Daniel Artasasta Tambunan SH SIK, saat diwawancarai di lokasi, Jalan Umum Lintas Perdagangan Lima Puluh, Nagori Perlanaan, Kecamatan Bandar.

“Operasi razia ini bersifat K2YD atas perintah dari Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK MH. Razia ini merupakan upaya responsif kami pasca terjadinya peristiwa di Surabaya dan juga yang baru sore terjadi di Tanjung Balai dengan ditangkapnya terduga pelaku teroris,”kata Daniel.

Dijelaskan Daniel, pihaknya berharap dengan kegiatan ini, diharapkan Simalungun tetap kondusif, aman dan tentram.

“Kami harapkan peran serta masyarakat jika ada melihat dan mendengar hal-hal yang mencurigakan di sekitar tempat tinggal, agar dapat melaporkannya ke kantor polisi terdekat. Pentingnya peran serta secara aktif masyarakat sangat dibutuhkan dalam mewujudkan situasi yang aman, nyaman dan tentram di wilayah Simalungun,”tandasnya.

Sementara itu secara terpisah, Wakapolres Simalungun Kompol Zulkarnain Pane dan Kabag Ops Polres Simalungun AKP H Situmorang juga melakukan pemantauan secara langsung tiap polsek-polsek se-Polres Simalungun dalam kesiap-siagaan di masing masing Polsek. Selain itu, untuk Mako Satuan Lantas Polres Simalungun, terpantau oleh kru koran ini juga sudah melakukan penambahan kekuatan di Pos Penjagaan dan dilengkapi dengan persenjataan lengkap. (adi/esa)