Bersihkan Eceng Gondok di Danau Toba

Ramsiana Gultom
Puluhan warga dan pemuda melakukan aksi bersih eceng gondok di kawasan pantai Tigaraja, Rabu (16/5)

MetroSiantar.com – Puluhan pemuda melakukan aksi bersih eceng gondok di sepanjang pantai Tigaraja, Danau Toba, hingga ke kawasan Istana Presiden, Rabu (16/5).

Aksi bersih eceng gondok ini dimotori oleh Re Member Manik, anak rantau yang memilih pulang kampung karena tergerak hatinya untuk membenahi kawasan Danau Toba. Dia memilih aksi ini karena kekecewaannya terhadap para pelaku wisata, serta pemerintah yang tidak respek dan terkesan membiarkan eceng gondok tumbuh subur di kawasan ini.

Untuk membersihkan eceng gondok, Re Member membayar eceng gondok senilai 3.000 per karung. Tujuannya untuk memotivasi para partisipan yang ikut serta.

“Setidaknya ada apresiasi yang mereka terima meskipun kecil tapi kita harapkan kawan kawan tetap semangat,” tutur pentolan Robuzz Inna Band ini.

Terkait relawan yang ikut terlibat terdiri dari berbagai organisasi masyarakat dan kepemudaan yang ada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon seperti IPK, PP, OPS Perkapalan, KNPI dan pemuda setempat.

Ajakan aksi ini dilakukan Re Member lewat postingannya di akun fb miliknya tiga hari sebelumnya. Postingan inipun mendapatkan respon dan tanggapan yang cukup baik dan ramai dikomentari oleh viewer.

Kegiatan bersih eceng gondok ini akan terus berlanjut hingga lokasi yang telah ditetapkan selesai dibersihkan, sehingga kawasan pantai Tigaraja terlihat bersih dan enak dipandang mata.

“Ini murni dana awal dari saya pribadi, namun jika ada yang tergerak hatinya untuk membantu, dengan senang hati kami membuka diri,” tutur Re Member. (ana/esa)

Loading...