Jelang Lebaran, Kondisi Lalin Ramai Lancar di Parapat

Kondisi Jalinsum di Parapat menjelang Lebaran terpantau ramai lancar, Selasa (12/6).

MetroSiantar.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, kondisi arus mudik di sepanjang Jalinsum di Parapat ramai dan lancar. Tidak terlihat peningkatan yang cukup signifikan, meskipun Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Demikian disampaikan Kanit Lantas Polsek Parapat Iptu M Matondang, ketika dikonfirmasi terkait kelancaran arus lalu lintas di Pos Pengamanan Lebaran, Parapat, Selasa (12/6).

Mantondang menyampaikan, kondisi libur lebaran yang bersamaan dengan libur panjang anak sekolah, serta libur PNS yang cukup lama, membuat kondisi jalan tahun ini berbeda jika dibandingkan dengan beberapa tahun terakhir.

Hingga berita ini diterima redaksi, kondisi arus mudik masih ramai lancar, untuk puncak mudik diperkirakan minus H 1 tepatnya pada, Kamis (14/6), masih akan tetap ramai dan lancar. Unit Lantas Parapat akan berkoordinasi dengan Polsek Tiga Dolok yang menjaga di Simpang Palang, Pondok Bulu. Pengalihan pengguna jalan menuju Parapat dan Toba dari jalur alternatif Sitahoan, jika nanti tingkat volume kendaraan berubah menjadi ramai dan padat.

“Buka tutup jalan serta pengalihan dari jalan alternatif Sitahoan  akan kita berlakukan jika memang dibutuhkan,” ujar Matondang. Untuk arus balik sendiri, diperkirakan akan lebih padat dibandingkan arus mudik. Menurut Iptu M Matondang, pihaknya akan tetap memberlakukan rekayasa lalu lintas jika puncak arus balik volume kendaraan ramai padat. Diapun mengimbau seluruh pemudik terkhusus para supir agar tetap berhati hati, menjaga jarak, dan istirahat jika sudah kelelahan dan mengantuk.

“Kita tetap mengimbau agar pengemudi berkendara dengan hati-hati, jika dalam keadaan mengantuk, kami sarankan untuk segera beristirahat di posko-posko pengamanan yang terdekat,” jelasnya. (ana/ahu)