Peringati HUT ke-72 Bhayangkara, Kapolres Ucapkan Terimakasih kepada Masyarakat

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK MH bersama Bupati Simalungun JR Saragih dan Forum Pimpinan Daerah Simalungun.

MetroSiantar.com – Jajaran Kepolisian Resort Simalungun menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-71 tahun 2018, Rabu (11/7) sekira Pukul 09.00 WIB, di Lapangan Upacara Mapolres Simalungun di Pematangraya.

Bupati Simalungun JR Saragih bertindak sebagai inspektur upacara, dan AKP Daniel Artasasta Tambunan SH SIK sebagai komandan upacara.

Gelaran acara tersebut dihadiri oleh Dandim 0207/Simalungun, Kajari Simalungun, Ketua PN Simalungun, Ketua DPRD Simalungun, Pemuda Pancasila, Ikatan Pemuda Karya, KNPI, Ketua KONI Simalungun, Bankom Bhayangkara, Para Camat se-kabupaten Simalungun, dan Kapolsek sejajaran Polres Simalungun.

Dalam sambutan Presiden Jokowi yang dibacakan oleh Bupati Simalungun, menyampaikan apresiasinya atas kinerja Polri dalam menjaga keamananan dan ketertiban masyarakat. Dimana, dalam pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2018 dan pelaksanaan Pilkada yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia hingga saat ini aman dan kondusif. Presiden meyakini, apa yang dilakukan oleh setiap anggota Polri adalah wujud pengabdian terbaik kepada rakyat, bangsa dan negara.

Seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia dimanapun berada, tengah melaksanakan tugas mulia, terhormat dan membanggakan Bhayangkara negeri.

Selain itu juga, Polri diharapkan semakin dapat memantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dalalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks. Terutama dalam penegakkan hukum, harus dilakukan secara profesional, transparan, dan berkeadilan.

Presiden juga meminta agar Polri membuang budaya koruptif dan menghindari tindakan berlebihan, serta harus dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada Polri, dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan, melakukan tindakan humanis dalam menangani segala permasalahan sosial yang timbul ditengah masyarakat.

Presiden Jokowi meminta agar Polri dapat meningkatkan sinergitas, koordinasi dan komunikasi dengan TNI dan semua elemen pemerintah, dan masyarakat dalam menjalankan tugas-tugasnya. Presiden berkeyakinan bahwa dengan ikhtiar, yakni melakukan perbaikan-perbaikan, peningkatan soliditas dan profesionalisme, maka Polri akan menjadi institusi yang semakin dipercaya rakyat dalam menjaga stabilitas, kamtibmas, dan penegakkan hukum serta sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat.

“Dirgahayu Kepolisian RI yang ke 72, terus tegaklah menjadi rastra sewa kotama, abdi utama nusa dan bangsa. Selamat bertugas,” kata Presiden Jokowi, di dalam amanatnya.

Usai menggelar upacara, rangkaian acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue tart yang dilakukan oleh Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK MH dan disaksikan langsung Dandim 0207/Simalungun, Kajari Simalungun, Ketua PN Simalungun dan Ketua DPRD Simalungun.

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK MH menyampaikan rasa terima kasihnya ke Muspida Simalungun. Selama menjalankan tugas di Simalungun, pihaknya terus gencar melakukan sinergitas dengan Pemkab Simalungun, Dandim 0207/Simalungun, Kejari Simalungun, PN Simalungun, dan tentunya dengan masyarakat Kabupaten Simalungun.

Sehingga capaian kinerja mulai dari penanganan kasus hingga kepada penyelesaian perkara dengan hasil yang cukup memuaskan masyarakat. (adi/esa)