Satgas Pangan Polres Simalungun Sidak Harga Pangan di Tanah Jawa

Adi
Ketua Tim Satgas Pangan Ipda Panji Nugraha STK dan anggota bersama Disperindag Simalungun gelar Sidak di Pekan Tanah Jawa.

SIMALUNGUN – Tim Satgas Pangan Kabupaten Simalungun yang digawangi oleh Polres Simalungun, dipimpin oleh Ipda Panji Nugraha STK bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Simalugun, Kamis (9/8) sekira pukul 10.30 WIB, menggelar sidak ke Pasar Pekan Tanah Jawa, Kelurahan Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa.

Kegiatan tersebut selain merupakan rutinitas berkala yang dilakukan oleh Tim Satgas, juga untuk menangkal terjadinya lonjakan harga kebutuhan masyarakat yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, khususnya lonjakan terhadap harga daging ayam dan telur, yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

Dengan berbekal acuan dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia dengan Nomor: 27/M-Dag/PER/5/2017, yang mengatur bahwa acuan harga daging ayam ras sebesar Rp 32.000,-/Kg, dan harga acuan telur ayam ras sebesar Rp 18.000,-/Kg, Tim Satgas Pangan melakukan pengecekan lansung ke pedagang.

Saat ditemui dilokasi kegiatan, Ketua Tim Ipda Panji Nugraha STK mengatakan, “Kegiatan kami merupakan bagian dari monitoring langsung terhadap harga kebutuhan pokok masyarakat, dengan tujuan agar stabilitas harga pangan di Kabupaten Simalungun dapat terjaga, sehingga masyarakat pun dapat tenang dan nyaman dalam membelinya”, kata Panji.

“Kemarin sempat ada isu harga daging ayam dan telur melonjak sangat tinggi di wilayah Kabupaten Simalungun. Untuk itu kami bersama Disperindag Kabupaten Simalungun melakukan sidak kemari, Pasar Pekan Tanah Jawa ini. Hasilnya hari ini kami tidak menemukan adanya lonjakan harga yang melambung tinggi”, jelasnya lagi.

“Harga daging ayam dan telur masih dalam ambang batas normal, dan telur yang dijual pun adalah telur ayam broiller (ayam eropa). Begitu juga juga dengan harga-harga bahan pokok lainnya, semuanya masih normal kami temukan dilapangan”, tambahnya.

Berikut harga-harga bahan pokok yang dijual di Pekan Tanah Jawa dari hasil Sidak Tim Satgas Pangan Polres Simalungun. Harga 1 papan berisi 30 butir telur Rp 40.000,-, dengan eceran per butir antara Rp 1.400,- hingga Rp 1.500,-. Harga Daging Ayam Broiller Rp 32.000,-/Kg. Harga Daging Ayam Kampung Rp 55.000,-/Ekor. Harga Ayam Merah Rp 50.000,-/Ekor.

Kemudian harga Daging Sapi Rp 120.000,-/Kg, Harga Cabe Merah Rp 28.000,-/ Kg, Harga Cabe Rawit Rp 32.000,-/Kg, Harga Bawang Merah Rp 25.000,-/Kg, Harga Bawang Putih Rp 20.000/Kg, dan Harga Tomat Rp 7.500,-/Kg. Dari semua harga yang didapat oleh Tim Satgas Pangan tersebut masih terpantau normal dan tidak ada yang naik melambung tinggi.

“Dalam kesempatan ini saya menghimbau kepada para pedagang agar jangan coba-coba melakukan spekulasi harga yang tidak sesuai dengan ketentuan, dengan tentunya tetap menjaga kualitasnya bahan bahan pokok”, kata Perwira termuda jebolan Akpol yang menjabat Kanit Idik II/Tipieter-Ekonomi, Satreskrim Polres Simalungun. (Adi)