55 Rumah Warga Mekar Sari Raya Dibedah Program BSPS

Rumah Jirun yang dibedah program BSPS dibantu secara gotong royong oleh warga Tanjung Selamat, Nagori Mekar Sari.

SIMALUNGUN – Sebanyak 55 warga Nagori Mekar Sari Raya, Kecamatan Panei menerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Program dari pemerintah pusat yang didanai APBN ini dialokasikan kepada warga Dusun Tanjung Selamat, Nagori Mekar Sari Raya.

Jirun (80) dan istrinya adalah salah satu penerima manfaat BSPS. Merupakan warga yang kurang mampu dan hanya memiliki rumah sederhana yang ditempatinya saat ini.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua warga, pangulu, TNI dan pemerintah yang sudah membantu,”kaya Jirun penuh terharu, saat puluhan warga yang dipimpin Pangulu Mekar Sari Raya Juni Hartono memulai memperbaiki rumahnya, Senin (10/9). Masyarakat Tanjung Selamat secara bergotong royong membantu membangun rumah Jirun.

“Kami siap untuk bekerjasama agar bangunan rumah bapak Jirun dapat segera dihuni. Ini sebagai wujud kebersamaan warga Tanjung Selamat, Nagori Mekar Sari Raya,” kata Marjuki dan Sanen, tokoh agama dan mayarakat Nagori Mekar Sari.

Dukungan nyata juga disampaikan Ngatiman, Andi Dalmi, Bambang, Sunardi dan seluruh warga Tanjung Selamat.
“Kita mengetahui Pak Jirun merupakan warga yang kurang mampu dan pantas mendapatkan bantuan. Kita punya tenaga, ya kita sumbangkan kepada yang membutuhkan,”kata warga.

Pangulu Mekar Sari Raya Juni Hartono mengatakan, budaya gotong royong masih kental di Nagori Mekar Sari Raya.

Orangtua menularkan kebiasaan baik ini kepada generasi muda dan generasi muda mendukung melestarikannya.

“Banyak hal yang berat jika dikerjakan sendiri, namun sangat mudah saat dikerjakan bersama-sama. Gotong royong ini menjadi modal pembangunan di nagori. Terbukti banyak kerja yang bermanfaat yang sudah dihasilkan dari gotong royong,” kata Juni Hartono.

Dijelaskan Juni, masih banyak warga yang masih hidup sederhana karena keterbatasan ekonomi. Mereka yang kurang mampu mendapat subsidi dan bantuan pemerintah, termasuk 55 warga yang mendapat bantuan bedah rumah program BSPS.

“Warga membantu membangun rumah yang mendapatkan bantuan program BSPS. Itu dilakukan dengan senang hati,” katanya.

Menurut Juni, rasa kebersamaan di dalam gotong royong tidak membedakan suku, budaya dan agama. Program pemerintah tidak akan berjalan dengan baik di nagori, jika masyarakat tidak memberikan dukungan penuh.

“Mari selalu kita tanamkan rasa mencintai pada sesama, agar Nagori Mekar Sari Raya menjadi nagori yang selalu dalam keberkahan Allah. Saya siap membantu masyarakat karena itu adalah amanah bagi saya. Amanah ini pertanggung jawapan saya pada warga, pada pemerintah dan pada Allah SWT,”kata Juni. (esa)