JR Saragih Serahkan Leges SKPI ke KPU

Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) JR Saragih

MetroSiantar.com – Bakal calon Gubernur Sumatera Utara JR Saragih akhirnya melaksanakan putusan Bawaslu Sumatera Utara untuk melegalisir ijazah SMA-nya ke Suku Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Senin (12/3). Kemudian SKPI yang sudah dilegalisir disaksikan oleh perwakilan Bawaslu dan KPU Sumut tersebut, diserahkan Selasa (13/3) kepada pihak KPU Sumatera.

Namun ijazah SMA milik JR Saragih ternyata hilang pada awal Maret 2018, sehingga JR Saragih membawa Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) ke Kantor Suku Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta untuk dilegalisir.

“Tadi kita sudah melakukan legalisir surat keterangan pengganti ijazah (SKPI) JR Saragih ke suku dinas Pendidikan DKI Jakarta. Saat melakukan legalisir itu disaksikan semua komisioner KPU Sumut dan Sekretaris Bawaslu,” ujar Direktur Eksekutif Partai Demokrat Sumut, Silverius Bangun, Senin (12/3/) malam.

“Kenapa SKPI yang dilegalisir, karena ijazah JR Saragih hilang pada awal bulan Maret kemarin. Lalu, kita mengurus SKPI nya ke suku Dinas Pendidikan DKI Jakarta,” bebernya.

Masih kata Silverius Bangun, SKPI itu dikeluarkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Syaratnya adalah, nomor ijazah terdaftar, memiliki teman seangkatan dengan ijazah yang sah, dan teman seangkatannya membuat berita acara atau surat pernyataan,” tukasnya. (osi/esa)