Mayat Wanita Membusuk di Rumah Kontrakan

Asmar Siregar
Pihak kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di komplek Perumahan Sitopayan, Kecamatan Portibi, Paluta.

MetroSiantar.com – Setelah dua hari menghilang, perempuan paruh baya berinisial SPH (40) ditemukan tak bernyawa di rumah kontrakannya, komplek perumahan Sitopayan, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

SPH ditemukan pihak keluarga dalam kondisi tak bernyawa di atas tempat tidur dalam salah satu kamar rumah kontrakan, pada Rabu (9/5) sekitar pukul 15.00 WIB.

Menurut keterangan salah seorang saksi, U Harahap (48), yang juga kerabat, menyebut, awalnya pihak keluarga merasa kehilangan setelah dua hari tidak mendapat kabar. Setelah melakukan musyawarah dan mencari kabar ke sejumlah teman-teman dan kerabat akhirnya pihak keluarga melihat ke rumah kontrakannya dan membuka secara paksa pintu rumah kontrakan yang dalam keadaan terkunci.

“Sudah 2 hari tidak ada kabar, kami tanya sama kawan-kawannya pun tidak ada yang tahu, akhirnya kami memeriksa ke rumah kontrakannya,” ujarnya.

Saat pihak keluarga membuka paksa pintu rumah, tercium bau menyengat dari dalam rumah. Saat pihak keluarga melihat ke dalam kamar, tubuh almarhumah terlihat dalam kondisi telungkup di atas tempat tidur dan sudah tak bernyawa. Melihat kondisi tersebut, ia mengambil kebijakan untuk membawa seluruh keluarga keluar rumah dan segera menghubungi polisi untuk menjaga segala sesuatu yang dikhawatirkan.

“Melihat kondisi yang seperti itu, saya langsung menyuruh seluruh keluarga yang ikut untuk ke luar rumah dan langsung menghubungi pihak kepolisian,” jelasnya.

Pihak kepolisian dari Polsek Padang Bolak pun datang dan langsung memasang garis polisi di sekitar rumah serta melakukan olah tempat kejadian perkara. Setelah melakukan olah TKP, pihak Polsek Padang Bolak mengatakan bahwa harus menunggu pihak tim identifikasi dari Polres Tapsel untuk melakukan identifikasi korban.

Sekitar pukul 19.00 WIB, tim identifikasi dari Polres Tapsel datang untuk melakukan identifikasi jenazah dan melihat kondisi yang terjadi kepada korban. Usai dilakukan identifikasi, jenazah dimasukkan ke dalam kantong mayat dan dibawa ke rumah sakit umum daerah Paluta untuk dilakukan visum dan pemeriksaan lanjut terhadap jenazah.

Kapolsek Padang Bolak AKP Maju Harahap SH membenarkan bahwa pihaknya menerima kabar tentang adanya penemuan mayat seorang wanita di dalam rumah kontrakannya yakni di komplek Perumahan Sitopayan.

Dikatakannya, setelah melakukan olah TKP dan identifikasi oleh tim identifikasi dari Polres Tapsel terhadap jenazah, selanjutnya jenazah korban dibawa ke RSUD Paluta untuk dilakukan visum dan pemeriksaan lanjutan.

“Setelah dilakukan olah TKP dan identifikasi, jenazah kita bawa ke RSUD Paluta untuk dilakukan visum dan pemeriksaan lanjutan,” ujarnya.

Dari keterangan yang dihimpun dari pihak keluarga, almarhumah sudah menghilang dan tidak diketahui kabarnya sejak Senin (7/5) lalu dan ditemukan Rabu (9/5) sore dalam kondisi sudah tak bernyawa di dalam rumah kontrakannya.

Lanjutnya, setelah dilakukan pemeriksaan, jenazah akan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan dengan layak.

Dan untuk saat ini, penyebab kematian belum bisa dipastikan dan masih menunggu hasil identifikasi dari tim identifikasi Polres Tapsel untuk lebih jelasnya. “Belum bisa kita pastikan penyebab kematian, kita tunggu hasil identifikasi untuk lebih jelasnya nanti,” tegasnya.

Pantauan, ratusan warga sekitar sempat heboh atas kejadian ini. Hingga jenazah diangkat dan dibawa ke RSUD sekitar pukul 20.00 WIB, warga masih berada di sekitar komplek perumahan. (ais)