Duh, Remaja Ini Gemar Hirup Bensin

Perdana Ramadhan
Sugianto, remaja 15 tahun yang gemar menghirup aroma bensin dari botol.

MetroSiantar.com – Sugianto, remaja berusia 15 tahun memiliki kebiasaan menghirup aroma bensin baik pertalite maupun premium setiap saat. Prilaku anak ketiga pasangan suami istri Muhadi-Sariani itu sudah berlangsung sejak setahun terakhir.

Saat ini, Sugianto memang sudah tak bersekolah lagi karena memiliki keterbelakangan mental sejak kecil.  Orangtuanya berharap kebiasaan aneh yang dialami warga Desa Bangun Kecamatan Pulau Rakyat Kabupaten Asahan ini bisa segera ditangani dan berharap bantuan dari pemerintah setempat.

“Kalau dilarang dia bisa ngamuk dan marah-marah. Tidur-pun botolnya (bensin) itu selalu dibawa. Kalau sudah siap, baru disimpannya di pojok tempat tidur. Ini sudah berlangsung setahun lebih,” kata Muhadi, Ayah Sugianto kepada wartawan menceritakan perilaku anaknya, Senin (14/5).

Kondisi tersebut membuat orangtuanya pasrah melihat kelakuan anak mereka. Muhadi mengatakan, awalnya Sugianto pertamakali menghirup BBM dari tangki sepedamotor yang sedang parkir. Tanpa permisi, Sugianto membuka tutup tangki dan menghirup aroma BBM dari sepedamotor tersebut.

Setelah itu, Sugianto mendapatkan BBM dengan cara membeli. Setiap hari, ia meminta uang jajan dan dipakai buat beli BBM eceran. Kemanapun Sugianto pergi, ia selalu membawa kemasan botol air mineral bekas berisi bensin maupun pertalite.

“Kalau tidak ada uang, dia nekat mencuri. Walaupun dimaklumin warga, kadang saya malu juga kalau dikasih tau tetangga tentang ulah anak saya itu,” katanya.

Menurut Muhadi, anaknya itu mengalami keterbelakangan mental. Saat masih bayi, Sugianto pernah demam tinggi.

“Kalau bicara, hanya ujung-ujungnya saja yang terdengar. Kalau bilang makan, kan. Bilang minum, num. Suka enggak jelas,” imbuhnya.

Ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan supaya bisa mencarikan solusi, untuk menghentikan kebiasaan aneh anaknya itu.

“Ya, saya berharap Pemkab Asahan bisa membantu untuk mengubah kebiasaan anak saya, sebagaimana anak seusianya,” tandasnya.

Sementara itu Kades Bangun Amlan Simanjuntak berjanji akan membantu mencarikan solusi penyembuhan Sugianto. Ia juga mengklaim telah berkoordinasi dengan Dinas sosial Kabupaten Asahan.

“Dalam waktu dekat ini kami akan membawa Sugianto didampingi orang tuanya ke Dinas Sosial Asahan mencari solusi penyembuhannya,” ujar Amlan.

Bahaya Bagi Kesehatan

Tahukah anda dampak menghirup bau bensin dapat mengganggu kesehatan? Ya, menurut penelitian Wisconsin Department of health service, Mencium bau bensin dapat memberikan dampak serius bagi kesehatan.

Maka perlu dari kita untuk sebisa mungkin menghindari bau bensin yang menyengat. Mungkin sebagian dari kita tidak selalu berhadapan dengan bahan bakar tersebut.

Namun ada beberapa hal yang tidak bisa kita hindari seperti saat mengisi bahan bakar di Pom bensin.

Bensin atau orang amerika menyebutnya Gasoline adalah bahan yang dibuat dari minyak mentah yang melalui proses pemurnian sehingga siap dipakai pada sebuah kendaraan.

Ada sebagian orang tidak suka dengan bau bensin, tetapi ada juga orang yang sangat suka dengan bau bensin yang menyengat tersebut. Jika anda adalah orang yang menyukai bau bensin, sekarang juga anda hindari bahan bakar tersebut.
Karena dampak yang ditimbulkan akan sangat buruk bagi kesehatan, bahkan bisa menimbulkan kematian mendadak.

Berikut empat akibat yang ditimbulkan jika sering menghirup bau bensin; Pertama, kerusakan pada Sistem saraf
Menghirup bau bensin mampu merusak sistem saraf seseorang. Bau yang dihasilkan akan menggangu kemampuan tubuh mengirimkan pesan ke otak.

Selain itu dapat merusak kemampuan saraf menangkap sinyal dan mengkoordinasikan ke tubuh untuk merespon sinyal yang diberikan. Jika kita semakin sering menghirup uap bensin secara sengaja atau tidak sengaja, hal ini akan memperbesar kerusakan saraf pada otak. Kedua, merasa pusing.

Ketika kita sedang menghirup bau bensingn kita akan merasakan pusing jika ditambah dengan menghirup hasil pembakaran dari bensin ada kemungkinan rasa pusing akan meningkat. Dapat menyebab kanker. Berdasarkan penelitian Wisconsin department of human service, bensin memiliki kandungan zat Benzena yang dengan kemungkinan memicu peningkatan leukemia atau Kangker darah, proses ini dapat menyebabkan kangker. Terakhir, menyebabkan kematian mendadak. Hal yang paling sadis lagi adalah seseorang bisa saja mati secara medadak. Mengapa? Menurut laporan yang ada, ada seorang korban yang secara tiba-tiba mati mendadak karena secara sengaja menghirup bau bensin.

Hal seperti ini disebut sudden sniffing death. Hal ini karena uap bensin dapat merangsang saraf dalam tubuh sehingga membuat detak jantung melambung dan pada akhirnya berhenti secara mendadak dan mati.

Itulah empat dampak yang ditimbulkan akibat menghirup bau bensin. Untuk itu hindari bau tersebut sebisa mungkin.(per/int)