Pendidikan Motor Kehidupan

Bagikan:
Dr.Anita Purba, M.Hum

MetroSiantar.com,SIANTAR-Pikiran dan hati manusia merupakan bagian amat penting dalam menjalani kehidupan. Sebuah warisan berharga dari Tuhan, selanjutnya setiap manusia memiliki tugas untuk mengembangkannya lewat dinamika kehidupan dan sukses tidaknya seseorang menghadapi perjalanan hidupnya tergantung pada pilihan. Salah satu cara mengembangkan kapasitas intelektual secara umum adalah pendidikan formal. Pendidikan inilah yang menjadi motor kehidupan bagi Dr.Anita Purba, M.Hum.

Dosen Universitas Simalungun (USI), kelahir tanggal 3 Februari 1960 di Pematangsiantar, tersebut menamatkan SD dan SMP Negeri di Paneitongah Kabupaten Simalungun dan SMA Negeri di Pematangsiantar, serta mendapat gelar S1 dari FKIP Negeri Medan dengan Jurusan Pendididkan Bahasa Inggris. Dari sana lulus tahun 1984. Pengalaman kerja setelah lulus S1 diawali dengan mengajar pada kursus Bahasa Ingris dan pada Pusat Pendidikan Telkom di kota Medan.

Kemudian diterima bekerja pada Save The Children UNHCR – PBB sebagai instruktur Bahasa Inggris di Kamp Pengungsi Vietnam di Pulau Galang Riau pada tahun  1985-1987. Selanjutnya menjadi dosen tetap Yayasan Universitas Simalungun, Pematangsiantar, sebagai dosen honor di Universitas HKBP Nommensen Medan, sebagai Instruktur di Australia Center Medan dan sebagai dosen Bahasa Inggris di Lp3 I Medan.

Berbekal pengalaman kerja tentu ada terbesit beragam tuntutan baru untuk meraih hal terbaik dan keputusan itu berada ditangan anak dari pasangan Edison Purba (Alm)-Linaria Saragih (Alm) ini. Sejak diterima menjadi guru PNS di SMP Negeri 10 Tebingtinggi Tahun 1999, Ia kemudian memilih pindah ke SMP Negeri 19 Medan untuk menyelesaikan program S2. Selanjutnya beralih menjadi dosen Kopertis Wilayah I Sumut dan berganti status jadi dosen Dpk di Yayasan Universitas Simalungun (USI) sampai sekarang.

Untuk pendidikan S2 dan S3, itu diperoleh dari Universitas Sumatera Utara Jurusan Linguistik. Pernah mengikuti Dikti Sandwich Program di Utah State University, Logan – Utah, Amerika Serikat.

Bagikan: