Besok, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Diresmikan

Dari kiri: Prof Ir Bilter Sirait MS sebagai ketua panitia, Sekjen HKBP Pdt David Sibuea MTh DMin dan Pdt Dr Pintor M Sitanggang selaku Sekretaris Yayasan UHN yang juga sekretaris panitia.

MetroSiantar.com – Yayasan Universitas HKBP Nommensen terus malakukan terobosan dalam memajukan pelayanan pendidikan. Salah satunya yang membanggakan adalah, mendirikan universitas di Kota Pematangsiantar yang sebelumnya statusnya masih Fakultas Keguruan Ilmu Keguruan.

Universitas ini akan diresmikan pada hari Sabtu (24/2) di kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Jalan Sangnawaluh dimulai Pukul 10.00 WIB.

Menurut keterangan Ketua panitia peresmian Prof Dr Ir Bilter Sirait MS melalui seksi dokumentasi dan publikasi Pdt Darman H Samosir MTh bersama Pdt Peniel E Sirait MPsi, pada saat acara nanti akan dihadiri utusan Kemenristekdikti beserta pucuk pimpinan HKBP.

“Acara peresmian itu nanti akan diawali ibadah pembuka dan upacara nasional dilanjutkan dengan penyerahan izin dan kata-kata sambutan,” ujar Pdt Darman H Samosir MTh.

Diterangkan Pdt Darman H Samosir MTh bahwa Gereja HKBP bersyukur kepada Tuhan atas peresmian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Dengan peresmian ini, maka HKBP memiliki dua universitas yakni Universitas HKBP Nommensen Medan dan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

“Gereja HKBP senantiasa hadir mewujudkan panggilan melalui pendidikan dan juga meneruskan salah satu misi penginjilan Ephorus HKBP yang pertama yakni Pdt Dr I L Nommensen,” ujar Pdt Darman H Samosir MTh.

Pada peresmian tersebut direncanakan hadir Ir Nurdin Tampubolon selaku Ketua Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen beserta dengan sekretaris Pdt Dr Pintor M Sitanggang dan bendahara Drs Frans Edward Hutabarat termasuk pengawas pengurus yayasan.

Selain itu, hadir juga Ompui Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Sekjen HKBP Pdt David F Sibuea MTh, Pdt Dr Martongo Sitinjak selaku Kepala Departemen Marturia dan Pdt Debora Purada Sinaga MTh sebagai Kepala Departemen Doakonia.

“Sebagai ungkapan syukur atas pembukaan/peresmian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, maka besoknya di hari Minggu (25/2) akan dilaksanakan ibadah raya HKBP (Pesta Parolop olopon HKBP) di kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar mulai Pukul 09.00 WIB,” terang Pdt Darman.

Ibadah raya ini akan dilayani langsung oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing sebagai pengkhotbah dan Sekjen HKBP Pdt David F Sibuea MTh DMin sebagai Liturgist dan diperkirakan jemaat yang hadir sekitar 4 ribu orang.

Untuk rasa syukur dan sekaligus menumbuhkan rasa memiliki dan tanggungjawab, maka seluruh jemaat yang menghadiri ibadah raya ini, akan membawa persembahan syukur untuk diserahkan ke Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Demikian juga seluruh jemaat yang tidak dapat hadir, di gereja masing-masing akan mengumpulkan persembahan.

“Semoga seluruh rangkaian acara berjalan lancar,” tutup Pdt Darman. (pra)